KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

Tambah 4 Unit, Bus Suroboyo Kini Layani Rute Unesa-ITS

Bus Suroboyo saat melintas di salah satu ruas jalan di Kota Surabaya

KAMPUNGBERITA.ID – Pemkot Surabaya akan menambah armada Suroboyo Bus. Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Irvan Wahyu Drajat menyampaikan, sebelumnya jumlah armadanya 8 unit, tahun ini akan ditambah 12 unit. Dan 2 unit bus tambahan merupakan bantuan dari perusahaan melalui Corporate Sosial Responsibility (CSR). “2 Unit Bus ini double decker (tingkat dua) yang segera meluncur,” paparnya, Jumat (25/5)

Irvan menyebutkan, dengan penambahan armada Suroboyo bus, praktis akan ada penambahan rute yang dilalui. Selama ini rute yang dilalui dari arah selatan ke utara atau sebaliknya, yakni Halte Rajawali hingga Terminal Purabaya. Nantinya, Suroboyo bus juga akan melayani penumpang dari arah barat ke Timur atau sebaliknya. “Rencananya dari Unesa ke ITS,” terangnya.

Namun ia mengaku, saat ini pihaknya masih melakukan kajian, dengan memperhitungkan demand yang ada di setiap kawasan yang dilalui. Irvan menegaskan, sebelum beroperasi, pihaknya kana melakukan iji coba terlebih dahulu. “Untu rute barat ke timur yang pasti dua unit bantuan CSR,” katanya.

Irvan mengaku, armada bus yang melayani rute dari arah barat ke timur atau sebaliknya lebih dari dua unit. Dari 10 unit tambahan dari alokasi APBD, sebagian akan diperuntukkan melayani kawasan Surabaya barat dan timur. “Tapi, kita masih belum pastikan berapa,” tandasnya.

Kadishub mengungkapkan, pasca diresmikan pengoperasiannya 9 April 2018. Jumlah penumpang yang menggunakan moda transportasi ini terus mengalami peningkatan. “Kenaikan per hari mencapai 15 persen,” ungkapnya.

Menurutnya, banyhaknya penumpang berlangsung pada hari Sabtu dan Minggu. Saat ini akhir pekan penumpang yang ingin menggunakan Suroboyo bus hingga harus antri. “Karena bercampur dengan wisatawan yang ingin naik,” ujar Irvan.

Ia mengaku, selama beroperasi, untuk melayani para penumpang yang ingin bepergian menggunakan angkutan massal ini yang saat ini jumlahnya 8 unit, setiap armada bus perjalannya rata-rata bisa mencapai 8 rate. KBID-HUM

Related posts

Kasus Korupsi TKD Tuntas, BPN Minta Pemdes Kedungsolo Diminta Ajukan Tanah Pengganti

RedaksiKBID

Aklamasi, Syahputra Pimpin GP Ansor Karang Pilang

RedaksiKBID

Dituduh Teroris, Seorang Muslimah di California Ini Diumpat dan Dihina

RedaksiKBID