KampungBerita.id
Nasional Teranyar

Tinjau Pabrik Pengolahan Porang Madiun, Jokowi: Bisa jadi Pengganti Beras

Porang Madiun
Presiden Joko Widodo saat melihat komoditas porang yang melimpah di Madiun, Jatim.@KBIDeditor2021

KAMPUNGBERITA.ID – Presiden Joko Widodo mengunjungi pabrik pengolahan porang milik PT Asia Prima Konjac di Kabupaten Madiun, Kamis (19/8).

Porang yang merupakan tanaman umbi-umbian dinilai memiliki peluang yang cukup besar untuk dikembangkan. Dalam kunjungan tersebut, Jokowi berkelilig ke sekitar areal pabrik sekaligus melakukan peletakan batu pertama perluasan pabrik pengolah porang.

Menurutnya, pengolhan porang di PT Asia Pirma memberi nilai tambah, terutama terhadap para petani Porang.
Jokowi mengaku sempat menanyakan hasil porang setiap hektarnya. Dimana 1 hektar bisa menghasilkan 15 hingga 20 ton selama 8 bulan dengan hasil Rp. 40 juta.

Hal ini, kata dia, merupakan nilai tambah yang sangat besar. Selain pasarnya terbuka lebar, porang juga bakal menjadi makanan masa depan lantaran kadungan yang ada di dalamnya cukup menyehatkan. Porang diketahui low calorie, low carbon, dan juga rendah kadar gula, bebas kadar gula.

”Saya kira ini menjadi makanan sehat ke depan,” katanya.

Jokowi menambahkan, dengan kandungan semacam itu maka porang di masa mendatang bisa menjadi pengganti beras yang lebih sehat.

Untuk itu, dia meminta Menteri Pertanian agar komoditas baru seperti porang diseriusi pengembangannya.

”Saya tadi menyampaikan kepada menteri pertanian agar betul-betul kita seriusi komoditas baru ini, Kita harapkan kita tidak mengekspor porang dalam bentuk mentahan tapi seperti yang kita lihat di sini ini bisa menjadi tepung. Dan kita harapkan barang jadi yakni menjadi beras porang,” katanya. KBID-HUM

Related posts

GSN Sidoarjo Berharap Penertiban Peredaran Miras Lebih Tegas

RedaksiKBID

Kerap Langgar Lalin, Polresta Sidoarjo Razia Ojol di Kawasan Bungurasih

RedaksiKBID

Ketua DPRD Surabaya Sarankan Hotel dan Apartemen jadi Tempat Observasi Covid-19

RedaksiKBID