KampungBerita.id
Headline Kampung Raya Teranyar

Upacara HUT Kota Mojokerto Dikemas Spesial, Wali Kota: Momentum untuk Melakukan Refleksi

Wali Kota Mojokerto
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengikuti prosesi peringatan HUT Kota Mojokerto.@KBID2022

KAMPUNGBERITA.ID – Ada yang berbeda dalam upacara Hari Ulang Tahun (HUT) yang digelar di Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto, Senin (20/6/2022). Upacara kali ini diawali dengan pertunjukan sendratasik tentang sejarah kejayaan Kerajaan Majapahit.

Dalam upacara HUT Kota Mojokerto ke-104 ini pula, para ASN Pemkot yang mengikuti upacara mengenakan berbagai pakaian khas Kota Mojokerto. Pernak pernik khas Majapahit seperti Baliho, umbul-umbul hingga hiasan janur juga dihadirkan dalam Upacara peringatan HUT kali ini.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengatakan, di momen HUT Kota Mojokerto ke-104 ini, menjadi momentum untuk melakukan refleksi guna menyempurnakan apa yang telah, sedang, dan akan dilakukan kedepan.

“Peringatan hari jadi adalah momentum strategis bagi kita semua untuk melakukan kilas balik atau refleksi terhadap pembangunan yang telah dilakukan di Kota Mojokerto dengan berupaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki segala aspek yang belum sempurna,” jelas Wali Kota dalam sambutannya.

Wali Kota yang akrab disapa Ning Ita ini juga mengatakan, tahun ini merupakan momentum yang tepat bagi perkembangan kemajuan Kota Mojokerto kedepan. Hal ini karena selama dua tahun terakhir perkembangan Kota Mojokerto sedikit tersendat selama masa pandemi yang melanda.

“Melalui kolaborasi dan sinergi kita telah mampu membuktikan bahwa kita telah melalui segala cobaan dengan kekuatan kebersamaan, kegotongroyongan, juga keikhlasan hati saling membantu satu sama lain,” tuturnya.

HUT Kota Mojokerto tahun 2022 yang mengusung tema Bangkit, Pesat dan Hebat memiliki makna khusus. Dimana akibat pandemi, seluruh elemen di Kota Mojokerto yang sempat mengalami masa sulit dapat segera bangkit.

Tentunya hal itu tidak meninggalkan warisan budaya leluhur dalam hal ini adalah jaman kejayaan Majapahit. Disamping itu juga nilai-nilai sejarah kemerdekaan Republik Indonesia yang ada di Kota Mojokerto.

“Sebagai pemacu semangat agar kita bangkit dari segala keterpurukan akibat pandemi Covid-19, melesat menjadi Kota yang maju dan pesat, dan juga menjadi Kota yang hebat dengan segala potensi yang dimilikinya,” tegasnya.

Oleh karenanya, inovasi mutlak dilakukan seluruh OPD di lingkungan Pemkot Mojokerto yang tujuannya adalah kesejahteraan masyarakat. Dengan adanya inovasi yang telah ditelurkan ini, semakin hari semakin menunjukkan hasil yang positif.

“Selama tahun 2019 hingga tahun 2022 Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Mojokerto berada di atas IPM Provinsi Jawa Timur maupun IPM nasional, yaitu sebesar 78,04 sedangkan Jawa Timur di angka 72 dan nasional di angka 71,” pungkasnya. KBID-MJK

Related posts

Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan, Gubernur dan Forkopimda TikTok Cuci Tangan Lawan Virus Corona

RedaksiKBID

PDIP Surabaya Percaya Diri Hadapi Parpol Koalisi pada Pilwali 2020

RedaksiKBID

Wali Kota Surabaya Tinjau Beberapa Pengerjaan Proyek

RedaksiKBID