KampungBerita.id
Headline Kampung Raya Nasional Peristiwa Surabaya Teranyar

Wapres Ma’ruf Amin Berangkatkan 449 JCH asal Tuban dan Bojonegoro ke Tanah Suci

Wapres RI KH Ma’ruf Amin didampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memberangkatkan kloter pertama JCH asal Jatim di Bandara Internasional Juanda, Sabtu (4/6/2022).@KBID-2022

KAMPUNGBERITA.ID-Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin didampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melepas 449 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Tuban dan sebagian dari Bojonegoro yang berangkat ke Mekkah dari Bandara Internasional Juanda, Sabtu (4/6/2022).

Wapres Ma’ruf Amin menghampiri jemaah di dalam pesawat, sebelum mereka lepas landas menuju Tanah Suci.”Hari ini kita memberangkatkan kloter pertama asal Jatim, yakni 449 JCH asal Tuban dan sebagian dari Bojonegoro,”di ujar dia.

Ma’ruf Amin mengaku bersyukur, karena dua tahun lalu Indonesia tidak bisa memberangkatkan jemaah haji, lantaran adanya wabah pandemi Covid-19. Dan, 2022 ini Kerajaan Arab Saudi akhirnya membuka kran ibadah haji.”Alhamdulillah, karena pandemi Covid-19 sudah melandai, kita bisa memberangkatkan jemaah haji kita,”kata dia.

Untuk Indonesia, lanjut dia, mendapatkan kuota jemaah haji 100.015 orang. Selain kuota yang terbatas, batasan usia juga sementara diatur. Diharapkan, musim haji 2023 dapat kembali normal.

“Karena itu kita harapkan musim haji tahun ini menjadi semacam ukuran atau penilaian. Kalau ini semua berjalan dengan baik, InsyaAllah tahun depan normal kembali, ” ungkap dia.

Sementara sebelum menuju Bandara Internasional Juanda, Sabtu (4/6/2022) pukul 05.00, kloter pertama JCH asal Kabupaten Tuban dan sebagian dari Bojonegoro tersebut dilepas Sekjen Kemenag, Nizar Ali di Asrama Haji Sukolilo Surabaya (AHSS). Ke 449 JCH itu berangkat ke Juanda menggunakan 10 bus.

Nizar Ali berpesan JCH Indonesia harus menjadi teladan selama di Tanah Suci. Menurut dia, jemaah haji merupakan duta bangsa yang terkenal dengan sopan santunnya, sehingga dapat menjadi contoh jemaah dari negara lain.

Dia juga mengingatkan jemaah untuk meluruskan niat dan hanya fokus untuk beribadah kepada Allah SWT.

Menurut Nizar, ini wajib disyukuri karena ibadah haji tahun ini dilaksanakan walaupun kuota hanya 40 persen. “Semoga menambah kekhusyukan jemaah, gunakan waktu dengan baik untuk mendapatkan ridho Allah. Jaga kesehatan sehingga lancar dalam menjalankan ibadah haji,” pesan dia.

Kakanwil Kemenag Jatim, Husnul Maram dalam laporannya menyampaikan kloter pertama asal Kabupaten Tuban dan sebagian dari Bojonegoro berjumlah 445 JCH plus 4 petugas. Total 449. “Alhamdulillah semuanya sehat. Ada beberapa barang yang disita dan diserahkan ke Kepala Kankemenag Tuban,”pungkas dia.KBID-BE

Related posts

Fraksi Golkar Minta Pemkot Cabut Izin Operasional RHU yang Tidak Beri THR

RedaksiKBID

Pantau Pengamanan Jelang Pilkada dan Kondisi Covid-19, Kapolda Jatim Kunjungi Tuban

RedaksiKBID

Hitung Cepat Versi KPU Sidoarjo, Gus Muhdlor Menang Pilkada

RedaksiKBID