Indra Sjafri Tegaskan Garuda Muda Siap Hadapi Vietnam

Timnas Indonesia berlatih menjelang laga final lawan Vietnam.@KBID2019

KAMPUNGBERITA.ID – Pelatih Timnas Indonesia, Indra Sjafri menegaskan para pemainya siap menghadapi Vietnam pada laga final SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial Selasa (10/12) sore nanti. Target meraih emas tak membuat para pemain stres. Terlebih Indonesia terakhir merengkus emas 28 tahun silam yakni pada SEA Games 1991.

“Ini hanya final SEA Games. Kenapa harus stres? Kalau sakratulmaut tidak apa-apa kita stres,” ujar Indra seusai memimpin latihan skuatnya dilansir Jawapos.com.

Menurut Indra, anak-anak asuhnya tidak terpengaruh dengan besarnya sorotan publik Tanah Air ke skuat berjuluk Garuda Muda saat ini.

Timnas U-23 tetap fokus dan konsentrasi menyambut pertandingan penting tersebut.

“Yang penting adalah niat baik, usaha yang keras dan doa. Kami harus berjuang karena hanya ada dua pilihan yaitu kita yang menang atau mereka,” kata Indra.

Di level SEA Games, pertemuan kedua negara di final sepak bola putra adalah yang pertama sepanjang sejarah. Laga tersebut juga menjadi ajang penuntas paceklik emas sepak bola putra SEA Games bagi Indonesia dan Vietnam. Jika Indonesia terakhir kali merebut emas pada SEA Games 1991, Vietnam jauh lebih lama.

Sementara Timnas U-22 Vietnam ‘mengurung diri’ dengan menutup akses informasi luas kepada media, termasuk pers dari negara mereka sendiri jelang final SEA Games kontra timnas U-22 Indonesia.

Kedua tim pernah bertemu di fase grup dengan hasil akhir memihak Vietnam. Pasukan asuhan Park Hang-seo menaklukkan Indonesia dengan skor 2-1 walau sempat tertinggal dulu di babak pertama.

Dikutip BolaSport.com dari media Vietnam, VN Media, Park tentu menyadari timnas Indonesia bakal belajar dari kesalahan di partai tersebut untuk menebusnya dengan kemenangan di final nanti. Guna menghindari hal itu, Park menyiapkan kejutan dalam persiapan timnya menuju laga final.KBID-SEA