KampungBerita.id
Matraman Teranyar

Semester I, Pendapatan Samsat Ngawi Lampaui Target

Administrator Pelayanan (Adpel) Samsat Ngawi Slamet Suseno.

KAMPUNGBERITA.ID – Pada semester pertama ternyata satuan administrasi satu atap (Samsat) UPTD Ngawi telah berhasil melampaui target pendapatan. Hal tersebut merupakan bukti dari keharmonisan dan kekompakan dari stakeholder yang ada dalam memberikan pelayanan yang maksimal terhadap para wajib pajak.

Dari besutan tangan Administrator Pelayanan (Adpel) Samsat Ngawi Slamet Suseno ternyata cukup berhasil dalam melayani para wajib pajak. Dengan total target Rp 73 miliar untuk pajak kendaraan bermotor (PKB) pada enam bulan di tahun 2018 telah berhasil menggalang 65,28 persen dari target yang dibebankan.

Sedangkan untuk bea balik nama (BBN) dari target Rp 37 miliar telah terlampaui 74,2 persen. “Selama ini kita tingkatkan layanan di Samsat. Unggulan-unggulan dan waktu layanan lebih ditetapkan, terutama daerah-daerah yang jauh dari jangkauan,” jelas Slamet Suseno.

Dengan menerapkan strategi jemput bola, ternyata Samsat Ngawi cukup efektif dan efisien dalam melayani wajib pajak pemilik kendaraan. Wilayah Ngawi yang cukup luas memang tidak akan dapat secara maksimal apabila hanya dilayani oleh satu UPTD.

Sedang untuk wilayah Ngawi sendiri dari Pemprov Jatim membuka dua UPTD, yaitu Samsat Ngawi kota dan Samsat Widodaren. Di setiap UPTD didukung oleh satu payment point sebagai pos pelayanan. Seperti untuk Kota Ngawi memiliki payment point Karangjati. Untuk Widodaren didukung payment point Jogorogo yang melayani wilayah Ngawi bagian selatan.

Selain itu, setiap UPTD juga melayani dengan sistem Samsat Keliling (Samling) dan angkringan, yaitu pelayanan dengan memakai mobil keliling. “Dengan adanya samling dan angkringan kita dapat memberikan pelayanan bagi wajib pajak sampai ke pelosok-pelosok yang sulit dijangkau, bahkan perbatasan,” pungkas Slamet Suseno.

Selain itu juga dengan dukungan Program Link. Di program ini wajib pajak dapat dilayani di seluruh Provinsi Jawa Timur. Dengan sistem online merupakan terobosan dari Samsat dalam memberikan kemudahan dan layanan maksimal terhadap wajib pajak.

Dengan adanya layanan yang maksimal dan diterapkannya sistem jemput bola, Slamet optimis dalam tutup tahun Samsat Ngawi dapat memenuhi target pendapatan dari pajak kendaraan bermotor.KBID-NGW

Related posts

SIWO PWI Persembahkan Golden Award IV 2021 untuk Atlet Berprestasi

RedaksiKBID

Persiapan HUT Kabupaten Mojokerto Ke-726, DPRD Gelar Rapat Paripurna

RedaksiKBID

Arif Fathony Sampaikan Pesan Ketua DPD Golkar Jatim di Arena Muscam X

RedaksiKBID