KampungBerita.id
Kampung Raya Madrasah Surabaya Teranyar

Satu dari Sembilan Beduk 1 Abad NU, Ada di Pesantren Assirojiyyah Sampang

Satu dari Sembilan beduk bersejarah 1 Abad NU ada di Pesantren Assirojiyyah, Sampang, Madura. @KBID-BE

KAMPUNGBERITA.ID-Peringatan puncak harlah 1 Abad NU di Sidoarjo 7 Februari 2023, sudah berakhir dua pekan lalu. Namun cerita momen 100 Tahun Nahdlatul Ulama yang dihadiri langsung sekitar 4 juta nahdliyin ini seperti tak ada habisnya.

Salah satu cerita menarik dari perhelatan 1 Abad NU adalah kabar raibnya lima dari sembilan beduk besar yang ditabuh dalam seremoni di stadion Delta Sidoarjo. Lima beduk itu ternyata tidak hilang. Satu dari sembilan beduk itu, kini ada di Pondok Pesantren (Ponpes) Assirojiyyah, Sampang, Madura.

“Sampai saat ini saya masih tidak percaya kalau beduk 1 Abad NU ada di Pesantren Assirojiyyah. Ini sebuah amanah dan kehormatan yang akan kami jaga dengan baik,” kata KH Moh Itqon Bushiri, pengurus Pesantren Assirojiyyah, Sampang, saat dihubungi, Selasa (21/2/2023).

Ketua PCNU Sampang yang akrab disapa Gus Itqon ini mengungkapkan, beduk bersejarah itu akan dijaga dan dirawat dengan baik oleh pengurus dan santri p
Pondok Pesantren Assirojiyyah. Karena itu, di sekeliling beduk dibangun pagar.

Dia menyatakan, para santri dilarang menyentuh beduk tersebut. Ini bertujuan agar beduk 1 Abad NU itu tidak rusak. Para santri akan saling mengingatkan satu sama lain.

“Kami semua menjaga beduk ini agar tidak hilang atau rusak. Semua saling menjaga dan mengawasi. Jangan sampai beduk bersejarah ini hilang karena ada kolektor yang menginginkan,”tandas guru pengajar di Pesantren Assirojiyyah ini.

Gus Itqon menjelaskan, meskipun beduk 1 Abad NU itu ada di dalam kompleks Pesantren Assirojiyyah. Namun, masyarakat umum diperbolehkan untuk melihat dan mengabadikan dengan foto atau video.

Dia menambahkan, pihak pesantren juga menempatkan beduk itu di tempat terbuka yang mudah terlihat. Bukan di dalam museum atau ruang yang tertutup.

“Silakan saja kalau masyarakat mau melihat atau mengambil gambar beduk. Asal izin lebih dahulu, kami siapkan buku tamu bagi pengunjung yang datang,” pungkas Gus Itqon. KBID-BE

 

Related posts

Ketum PBNU Doakan Machfud Arifin Jadi Wali Kota Surabaya

RedaksiKBID

Pelanggar Opreasi Zebra Semeru 2020 di Sidoarjo Jalani Hipnoterapi

RedaksiKBID

Peringati HUT Lantas, Satlantas Pokresta Sidoarjo Gelar Aksi Sosial Donor Darah

RedaksiKBID