KampungBerita.id
Kampung Raya Peristiwa Politik & Pilkada Surabaya Teranyar

Bupati Lamongan Minta Insan Pers Tak Terdorong Polarisasi Politik

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi bersama narasumber sarasehan jurnalistik dengan tema Revitalisasi Peran Pers di Era Disrupsi Digital.@KBID-2023.

KAMPUNGBERITA.ID-Menjelang tahun politik (2024), insan pers sebagai pilar ke empat demokrasi, diminta untuk tidak terdorong pada polarisasi politik. Insan pers harus tetap menjaga idealisme dalam melaksanakan tugas jurnalistiknya.

Hal ini disampaikan Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, saat membuka Sarasehan Jurnalistik dan Pelantikan Masyarakat Pers Pemantau Pemilu (Mappilu)PWI Kabupaten Lamongan, di lantai 7 Gedung Gajah Mada, Selasa (7/3/2023).

Acara ini juga dihadiri Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim, dan Ketua Mappilu Jawa Timur Machmud Suhermono.

Yuhronur menyebutkan, insan pers menjadi garda terdepan dalam mengabarkan sebuah informasi di masyarakat, dan menjadi kontrol sosial dalam tata kelola pembangunan di Lamongan. “InsyaAllah Pemkab Lamongan akan terus memfasilitasi dan memberikan dukungan atas kerja-kerja jurnalistik teman-teman pers,” ujar Bupati yang akrab disapa Pak Yes itu.

Untuk itu, dia berharap kepada seluruh insan pers untuk memegang teguh idealisme dan tidak terdorong polarisasi politik. Lebih-lebih dengan dekatnya agenda besar pesta demokrasi yakni Pemilu Serentak 2024 mendatang.

“Seperti yang kita saksikan bersama tadi dilakukan pelantikan pengurus Mappilu PWI Kabupaten Lamongan. Saya berharap seluruh wartawan baik yang menjadi pengurus maupun yang tidak harus berpegang teguh pada idealisme dan tidak terdorong pada polarisasi politik,” imbuh Pak Yes.

Dengan komitmen kuat untuk menjaga marwah demokrasi tersebut, Pak Yes berkeyakinan situasi politik di Lamongan akan terus terjaga. Ditambah dengan hadirnya Mappilu PWI Lamongan akan menstabilkan kondisi pemilu nantinya.

“Dengan demikian saya berkeyakinan situasi politik di Lamongan akan terus terjaga dengan baik sehingga terus menjaga rasa nyaman dan aman bagi siapapun yang tinggal di Lamongan. Untuk menjaga kestabilan itu, saya mohon kepada seluruh stakeholder untuk senantiasa menjaga kebersamaan membangun persepsi, ritme dan irama yang sama dalam menjemput asa kejayaan Lamongan,”pungkas dia.

Dalam sarasehan yang dihadiri Ketua Dewan Pers RI Ninik Rahayu dan Ketua PWI Jawa Timur Lutfil Hakim sebagai pembicara dengan tema ‘Revitalisasi Peran Pers di Era Disrupsi Digital’ tersebut turut dihadiri kepala OPD dan camat se-Kabupaten Lamongan, kepala sekolah serta instansi terkait lainnya. KBID-BE

Related posts

Polresta Sidoarjo Bekali Pelajar soal Bahaya Narkoba dan Radikalisme

RedaksiKBID

Pencuri Dompet Dihajar Massa Usai Nobar Persebaya vs Persib di Kafe

RedaksiKBID

Gempa Malang, Satu Orang Meninggal Tertimpa Bongkahan Batu di Jalur Lumajang-Malang

RedaksiKBID