KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

Hari Ini, Sidang Kasus Korupsi Dana Jasmas DPRD Surabaya Digelar

Agus Setiawan Jong bakal menjalani sidang perdana kasus dugaan korupsi Jasmas DPRD Surabaya

KAMPUNGBERITA.ID – Kasus dugaan korupsi dana Jaring Aspirasi Masyarakat (Jasmas) DPRD Surabaya tahun 2016 memasuki babak baru. Hari ini (18/3) sidang perdana kasus yang merugikan negara miliaran rupiah tersebut digelar di Pengadilan Tipikor Surabaya.

Meski sebelumnya sejumlah anggota DPRD Surabaya sempat diperiksa kejaksaan terkait kasus tersebut, belakangan baru pengusaha bernama Agus Setiawan Jong yang menjadi tersangka tunggal.

Kepala Seksi Intelijen (kasi Intel) Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjung Perak, Lingga Nuarie menyatakan, pihaknya telah menerima jadwal penetapan sidang dari pengadilan bahwa sidang digelar hari ini.

Lingga menjelaskan, dalam persidangan perkara Jasmas ini ada enam Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menyidangkan. JPU ini, akan dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Tanjung Perak, Dimaz Atmadi, Kasi Pidsus, kemudian dirinya (Kasi Intel, red), Kasi Barang Bukti (BB) dan Jaksa dari Pidsus.

Sekadar mengingatkan, Setiawan Jong menjadi tersangka tunggal dalam dugaan kasus korupsi Jasmas Pemkot Surabaya 2016 silam. Dalam kasus ini, modus yang dilakukan tersangka Agus Setiawan Jong, yakni dengan mengkoordinir 230 orang kepala RT/RW yang ada di Surabaya. Mereka diminta untuk mengajukan proposal untuk pengadaan tenda, kursi dan soundsystem.

Oleh tersangka, proposal itu diajukan ke sejumlah anggota DPRD Surabaya untuk disetujui. Dana pengadaan itu diambil dari dana Jasmas. Dalam penyidikan, ditemukan bukti kuat atas dugaan penyelewengan proyek Jasmas tersebut. Atas perbuatan tersangka, negara diduga dirugikan sebesar Rp 5 miliar.KBID-NAK

Related posts

Kapolres Sidoarjo: Sudah Normal, Pintu Tol Bisa Dilalui

RedaksiKBID

Bawaslu Surabaya Gelar Rakor Pengawasan Pilkada Bersama Media

RedaksiKBID

Kasus Suap Menara Telekomunikasi Belanjut, KPK Kembali Periksa Beberapa Staf Pemkab Mojokerto

RedaksiKBID