KampungBerita.id
Politik & Pilkada Teranyar

Daftar Caleg Demokrat harus Kumpulkan 300 KTP Dukungan, Ratih: Real Dukungan, Ini Syarat Mutlak

Ketua DPC Partai Demokrat Surabaya, Ratih Rertnowati dan Ketua Bapilu sekaligus Ketua Tim Penjaringan Caleg, Herlina Harsono Njoto didampingi Sekretaris DPC Demokrat Surabaya, Dedi Prasetyo usai memberikan keterangan pers, Selasa.

KAMPUNGBERITA.ID – DPC Demokrat Surabaya membuka pendaftaran untuk bakal calon legislatif tahun 2019. Pendaftaran dibuka mulai 27 Februari sampai 20 Maret. Salah satu syarat untuk mendaftar adalah mengantongi 300 foto kopi KTP beserta surat dukungan.

Ketua DPC Demokrat Surabaya, Dr Ratih Retnowati mengatakan, syarat tersebut mutlak harus dipenuhi. Sebab, wanita yang juga Wakil Ketua DPRD Surabaya ini, dengan bukti tersebut pihaknya bisa mengukur sejauh mana ketokohan bakal caleg yang mendaftar di lingkungan atau masyarakat tempat tinggalnya.

”Ini real dukungan, dan harus dipenuhi,” kata dia, kemarin (27/2).

Sementara Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPC Demokrat Surabaya, Herlina Harsono Njoto mengatakan, siapa pun bisa mendaftar tidak hanya kader, namun juga masyarakat umum.

“Kuotanya untuk non kader 20 persen,” terang perempuan yang juga Ketua Tim Penjaringan Bakal Calon Legislatif ini.

Ketua Komisi A DPRD Surabaya ini mengatakan, syarat pendaftaran untuk kader maupun masyarakat umum ini diberlakukan aturan yang sama. Yakni adanya bukti dukungan dengan mengumpulkan 300 foto copy KTP dan disertai dengan bukti berupa surat dukungan.

”Ini merupakan regulasi teranyar dari Demokrat. Sebab pihak Demokrat benar-benar ingin menjaring sosok yang berkualitas. Bukan hanya sekedar untuk memenuhi kuota saja,” katanya.

Dalam pemilihan legislatif tahun 2019 nanti setiap partai dibatasi 50 calon. Namun, Demokrat tidak membatasi jumlah pendaftaran. Sebab, kata dia, setelah mendaftar calon tersebut bakal diverivikasi terlebih dahulu. Dengan dilihat berkas pendaftaran formulir yang sudah diserahkan.

Jika sudah menyerahkan formulir dan dianggap memenuhi syarat secara administrasi masih ada proses selanjutnya. Yaitu dengan mengikuti fit and proper test.

Setelah itu 50 nama yang terpilih selanjutnya akan didaftarkan ke KPU Surabaya. Karena pada bulan Juli sudah mulai pendaftaran bakal calon legislatif.Dalam pendaftaran bakal calon legislatif ini, kata Herlina, tidak ada mahar politik,
semuanya gratis.

Sementara mengenai target perolehan kursi pada pileg tahun 2019, Demokrat menargetkan mendapatkan 12 kursi di DPRD Surabaya. Sementara saat ini masih 6 kursi. Sehingga ada target kenaikan sampai seratus persen.KBID-NAK

Related posts

Bupati Bojonegoro Lantik 43 Pejabat Baru Hasil Seleksi dan Diklat

RedaksiKBID

Perwakilan Trans Icon Bawa Data Warga Penerima Kompensasi, Tapi Kucuran untuk Kas RT/RW-LPMK Terhenti 8 Bulan

RedaksiKBID

Ijazah 31 Siswa SMA/SMK Ditahan, Baktiono Surati Gubernur dan Dinas Pendidikan Jatim

RedaksiKBID