KampungBerita.id
Kampung Raya Nasional Politik & Pilkada Surabaya Teranyar

Demokrat Jatim Gelar Muscab Serentak, Ajang Konsolidasi Jelang Pemilu 2024

Pembukaan muscab serentak yang tahap pertama diikuti 16 kabupaten/kota.@KBID-2022

KAMPUNGBERITA.ID-DPD Partai Demokrat Jatim menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) tahap pertama secara serentak di Asrama Haji, Jumat (27/5/2022). Muscab ini sekaligus sebagai ajang konsolidasi menjelang Pemilu 2024.

Ketua DPD Partai Demokrat Jatim, Emil Elestianto Dardak mengatakan, setelah penyegaran dilakukan di tingkat provinsi, konsolidasi tingkat DPC jadi bagian dari langkah cepat yang penting dilakukan.”Memang lima tahun sekali kita melakukan penyegaran organisasi. Di tingkat provinsi sudah dilakukan dan sekarang di tingkat kabupaten/kota (DPC),” kata Emil.

Emil yang juga Wakil Gubernur Jatim menegaskan, muscab serentak digelar dalam beberapa tahap. “Ini dilakukan dengan tepat secara prosedural maka DPP menyarankan serentak,” tandas dia.

Sementara Kepala Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron mengatakan, tahapan pemilu yang tidak lama lagi menuntut pihaknya menyiapkan mesin partai lebih matang.

Dia meyakini, dengan konsolidasi menyeluruh, mesin partai bakal bekerja optimal dalam menatap target elektoral pada Pemilu 2024. “Insya Aallah akan semakin mempertajam mesin partai. Mesin baru akan terasa cepat. DPD dan DPC mesin baru, Insya Allah target dan sasarannya akan lebih efektif,”ungkap dia.

Muscab akan menetapkan calon ketua. Kemudian bakal calon ketua minimal dapat dukungan 20 persen dari pemilik suara.
Selanjutnya, kata dia, tahapan fit and proper test. Dalam hal ini melibatkan tim lima yang terdiri dari Ketua Umum Partai Demokrat, Sekjen, Kepala BPOKK, Ketua DPD serta Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim.

“Untuk gelombang dua akan dilakukan di minggu ketiga bulan Juni. Harapannya, awal Juli sudah ada keputusan untuk seluruh 38 kabupaten/kota menghasilkan para ketua DPC,” pungkas dia. KBID-BE

Related posts

Hasil Survei Terbaru ARC, Elektabilitas Khofifah Unggul 6,1 Persen

RedaksiKBID

Temui Ali Markus, Said Aqil Imbau Masyarakat Terima Hasil Pemilu

RedaksiKBID

Kemenkes Setujui Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik Terapkan PSBB

RedaksiKBID