KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

Doktor Mukhrojin Terpilih sebagai Ketua MUI Kecamatan Sukolilo

MUI
Dr. Mohammad Mukhrojin (depan kiri) terpilih sebagai Ketua MUI Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya. @KBID2022

KAMPUNGBERITA.ID – Ustadz Mohammad Mukhrojin terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya. Ia menggantikan KH Towaf dalam Rapat Musyawarah Kecamatan MUI Sukolilo di Aula Kantor Kecamatan Sukolilo pada 26 Januari 2022.

Dalam sambutanya Ketua terpilih menyampaikan tidak ada sehelai daun yang gugur melainkan atas Ijin Allah. Begitupula terpilih dirinya juga pasti atas Ijin Allah yang harus disyukuri, karena diberi amanah untuk berkhidmat kepada ulama yang menjadi pewaris para nabi.

Pengasuh pesantren bismar Almustaqim ini menjelaskan visi MUI adalah menjadikan wilayah yang baldatun thayibatun warobun ghafur ( wilayah yang aman damai penuh ampunan dan ridho dari Allah SWT) dan itu sudah dijelaskan oleh Allah SWT dalam Al Quran yaitu QS. Al- Quraisy: 1-4.

“ Ada tiga aspek bagaimana membangun Baldatun thayibatun wa robun ghofur disini yaitu pertama : Fal ya’ budu robbahadal bait ( aspek religi/ warganya suka ibadah), kedua: Alladzi at amahum min ju’ ( memberi makan kepada yang lapar/ aspek ekonomi) dan ketiga :Wa’ amanahum min khouf ( aman dari takut /aspek keamanan)” ungkapnya saat dikonfirmasi, Rabu (26/1/2022).

Menurut Dosen Agama Islam UNTAG Surabaya ini untuk mewujudkan ketiga aspek tersebut perlu mengimplementasikan sila Ketiga Pancasila yaitu Persatuan Indonesia dan menjalankan perintah Allah dalam QS Ali Imran : 103 yang artinya “Dan berpegang teguhlah kamu semua pada tali Agama Allah dan jangan bercerai berai “

“ Jika kita semua ormas Islam bersatu, ada NU, Muhammadiyah, LDII dan Forum pimpinan Kecamatan serta dukungan semua golongan maka 3 Aspek tersebut bisa dijalanakan dan wilayah kita InsyaAllah dapat menjadi Baldatun Thayibatun Warobun Ghofur ( Wilayah yang aman damai penuh ampunan dan Ridho dari Allah SWT.)  Amin Ya rabbal alamin” ungkap Gus Khozin sapaan akrabnya.

Sementara itu, KH Muhaimin Ali Sekertaris Umum MUI Surabaya mengatakan bahwa fungsi MUI adalah mitra Pemerintah dan Pelayan Ummat, sehingga pengurus MUI harus bersinergi dengan Forkopimka.

“ Fungsi MUI adalah Mitra Pemerintah sehingga jangan jaih jauh dari Pemerintah dan harus ada pengurus tingkat kelurahan di 7 Kelurahan se kecamatan Sukolilo jangan sampai kosong sehingga kalau ada fatwa dari Pusat bisa sampai hingga Kelurahan” ungkapnya. KBID-FJN

Related posts

Pemkot Surabaya Berangkatkan Tim Relawan ke Palu, Polda Jatim Kirim 17 Kontainer Sembako

RedaksiKBID

Jadi Ajang Mesum, Sejumlah Tempat Kos di Tuban Digerebek

RedaksiKBID

Demokrat All Out Kawal Suara Khofifah-Emil

RedaksiKBID