KampungBerita.id
Kampung Raya Madrasah Surabaya Teranyar

FPJ Minta Pemkot Surabaya Tak Kaku dalam Menerapkan PPDB Jalur Zonasi

Ilustrasi: PPDB jalur zonasi lewat online.@KBID-2022

KAMPUNGBERITA.ID-Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) lewat jalur zonasi kerap membuat orangtua atau wali murid stres memikirkan sekolah anaknya. Karena itu,

Forum Pendidikan Jatim (FPJ) meminta Pemkot Surabaya, untuk tidak terlalu kaku dalam menerapkan PPDB jalur zonasi. “Memang benar, filosofi zonasi adalah untuk mendekatkan sekolah dengan tempat tinggal siswa. Namun, jika hal ini diterapkan secara saklek atau kaku, jelas akan menimbulkan dampak pada layanan pendidikan yang menjadi hak setiap warga negara,” ungkap Presidium FPJ, Ferry Koto, Rabu (6/7/2022).

Menurut dia, penerapan zonasi yang kaku menyebabkan tidak maksimal nya pelayanan pendidikan untuk siswa atau masyarakat yang kelurahannya tidak mempunyai lembaga pendidikan yang dituju. “Belum meratanya jumlah sekolah di tiap kelurahan seperti Surabaya, menyebabkan kerugian tersendiri bagi calon siswa untuk dapat menempuh pendidikan sesuai keinginannya,” kata dia.

Ferry mengakui, tidak meratanya jumlah sekolah di tiap kelurahan di Surabaya merupakan masalah yang sudah berlangsung sejak PPDB mulai diberlakukan di Surabaya. “Tidak meratanya jumlah sekolah di Kelurahan Surabaya ini, sudah pernah saya sampaikan saat di Dewan Pendidikan. Namun, sampai sekarang tidak ada upaya nyata dari Pemkot Surabaya,” tandas Ferry, yang juga anggota Dewan Pendidikan Surabaya periode 2014-2019.

Dia menegaskan, hal yang mesti dikritisi dalam PPDB sistem zonasi adalah keluwesan panitia PPDB dalam menjalankan aturan PPDB jalur zonasi. “Kenapa jalur zonasi menerapkan titik koordinat dari rumah, kan bisa dilakukan dari kelurahan atau RT domisili calon siswa. Karena kalau dari tempat tinggal, akhirnya yang terjadi orangtua berlomba mencari rumah dekat sekolah,” pungkas dia. KBID-KBRN/BE

Related posts

Nakad Buka saat Pandemi Covid-19, Pengunjung dan Pegawai Karaoke Diangkut ke Polrestabes Surabaya

RedaksiKBID

Rekom MA Segera Turun, Demokrat Surabaya Sodorkan Dua Nama Calon Wakil

RedaksiKBID

Bertahun-tahun, Pelajar Ngawi ‘Nggandol’ Bus saat Berangkat Sekolah

RedaksiKBID