KampungBerita.id
Kampung Raya Surabaya Teranyar

Fraksi Partai Golkar Soroti Penerimaan Pajak dan Retribusi Jauh dari Target

 

Ketua Fraksi Partai Golkar, Arif Fathoni membacakan pandangan Fraksi Partai Golkar soal laporan pertanggungjawaban APBD 2021.@KBID-2022.

KAMPUNGBERITA.ID-Fraksi Partai Golkar (FPG) DPRD Kota Surabaya mencermati adanya beberapa proyeksi penerimaan pajak dan retribusi jauh dari target. Contohnya, rekreasi hiburan umum (RHU), restoran, dan hotel.

“Kita memahami sektor (RHU) ini cukup terdampak karena penerapan PPKM yang berjilid-jilid. Karena itu, Fraksi Golkar mendorong ada diversifikasi atau upaya lain yang tidak hanya menggantungkan sektor tersebut (RHU). Mengingat kita tidak pernah tahu pandemi ini kapan berakhir,” ujar Ketua Fraksi Partai Golkar, Arif Fathoni, Selasa (21/6/2022).

Tak hanya itu, Fraksi Partai Golkar juga mendorong tempat-tempat yang secara empiris itu sudah beralih fungsi dan dilakukan review RTRWnya.

Salah satu contoh di kawasan Kali Kedinding yang awalnya permukiman secara kasat mata, kinj beralih fungsi menjadi kawasan pergudangan.

“Secara otomatis, Pemkot Surabaya tidak bisa memungut pajak dan retribusi sepanjang RTRWnya masih kawasan permukiman. Kan harus berganti kawasan jasa dan perdagangan demikian juga kawasan Gunung Anyar dan Gelora Bung Tomo,” ungkap dia.

Jika review RTRW sudah dilakukan dan timbul kawasan ekonomi baru, kata Toni, panggilan Arif Fathoni, otomatis pemkot bisa meningkatkan potensi pajak dan retribusi.“Pemkot bisa meningkatkan potensi pajak dan retribusi dari sektor-sektor itu,” tutur dia.

Selain itu, Toni juga menyampaikan apresiasi atas Wali Kota menyampaikan laporan pertanggungjawaban APBD Tahun 2021.

“Kami mengapresiasi Wali Kota yang kemarin (20/6/2022) telah menyampaikan laporan pertanggungjawaban APBD tahun 2021,” pungkas Toni yang juga Ketua DPD Partai Golkar Kota Surabaya. KBID-BE

Related posts

Dinas Perdagangan Kabupaten Bojonegoro Salurkan Migor Sebanyak 10.000 Liter

RedaksiKBID

Masih Tercantum di RTRW Nasional dan Provinsi Jatim, Komisi A Dorong Pemkot Surabaya Realisasikan Jalan Tol Tengah Kota

RedaksiKBID

DPRD Surabaya Minta Pemkot Refocusing APBD untuk Lunasi Sisa Insentif Nakes

RedaksiKBID