KampungBerita.id
Headline Kampung Raya Surabaya Teranyar

Griya Werdha Jambangan Overload, Pemkot Surabaya Akan Bangun Lagi di Sonokwijenan

Griya Werdha Jambangan yang dihuni lansia kini kondisinya sudah overload. @KBID-2022.

KAMPUNGBERITA.ID-Pemkot Surabaya berencana menambah satu lagi UPTD Griya Werdha di Sonokwijenan, Kecamatan Sukomanunggal untuk menampung lansia di Kota Surabaya.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kota Surabaya, Anna Fajriatin Sabtu (25/6/2022) malam. Menurut dia, pembangunan itu lantaran Griya Werdha di Jalan Ketintang Madya VI/15 A Kecamatan Jambangan  sudah overload.

“Saat ini yang dibawahi Pemkot Surabaya hanya ada satu itu di Jambangan. Kapasitasnya seharusnya hanya 160 lansia, tapi sekarang menampung 184 lansia,”ujar dia.

Untuk itu, lanjut dia, bangunan baru Griya Werdha nantinya akan memiliki daya tampung lebih besar, yakni 250 lansia. Sehingga mampu memberikan pelayanan yang baik kepada lansia yang tinggal di Griya Werdha tersebut

Selain itu, kata Anna, di masing-masing Griya Werdha akan ada petugas, dokter dan perawat yang berjaga dan merawat lansia selama 24 jam.

“Ada beberapa kategori lansia yang bisa ditampung, kalau yang sudah sakit-sakitan itu yang paling sering dapat perawatan. Tapi ada juga kategori lansia mandiri yang justru kadang ikut membantu perawat menangani sesama lansia lainnya,”ungkap dia.

Sementara itu dari 184 lansia yang dirawat, kata Anna, mayoritas didominasi oleh wanita yang berstatus sebatang kara. Sejauh ini, kebanyakan lansia yang dirawat di Griya Werdha diantar oleh perangkat RT/RW masing-masing kelurahan di Surabaya.

“Ada juga yang ditemukan telantar di pinggir jalan oleh petugas Satpol PP saat sedang berpatroli. Tapi kita lihat dulu, kalau saat ditelusuri ternyata dari luar Surabaya, ya kita serahkan ke daerah asalnya,”tandas Anna.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, Dinsos Kota Surabaya sempat mengembalikan beberapa lansia ke keluarga asalnya setelah selesai dirawat. Hasilnya, beberapa ada yang kembali untuk berkunjung, menengok teman-temannya.

“Sebelum dikembalikan ke anak-anaknya, kita selalu cek terlebih dahulu ke keluarga asalnya. Mohon maaf, kalau ternyata tidak memungkinkan karena bisa menjadi beban tidak kami paksakan, karena takutnya lari lagi,”jelas dia.

Anna Fajriatin menegaskan, jika para lansia yang dirawat di Griya Werdha selama ini sudah diperlakukan para petugas layaknya orang tua sendiri.

“Kita ajak untuk aktivitas yang menyehatkan dan kita bantu untuk melaksanakan ibadah. Bahkan, kita sampai ajak berlibur agar mereka tidak bosan dan bersemangat,” pungkas dia. KBID-SS/BE

Related posts

Polisi Amankan Pencuri Kertas Milik PT Tjiwi Kimia

RedaksiKBID

Perda Aset Kekayaan Daerah Kota Surabaya Disahkan, Warga Penghuni Tanah Surat Ijo Harus Bayar Retribusi

RedaksiKBID

Delapan Pegawai Puskesmas Porong Diamankan Tim Saber Pungli

RedaksiKBID