KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

Jambore Sepeda Onthel Turut Meriahkan HUT Surabaya ke-724

Surabaya, cakrawalanews.co – Pemerintah Kota Surabaya bersama dengan Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) mengadakan Jambore Sepeda Tua yang masuk dalam rangkaian acara Hari Jadi Kota Surabaya ke-724. Jambore ini yang akan berlangsung pada 6-7 Mei nanti, rencananya akan diikuti oleh 2.500 peserta. Para peserta tersebut berasal dari Jatim dan di luar Jatim.

Menurut Slamet Mulyono Ketua Komunitas Sepeda Tua Indonesia, Jambore Sepeda Tua ini sudah menjadi bagian dari rangkaian HJKS selama lima tahun terakhir. Dia juga mengajak masyarakat untuk ikut ambil bagian dari “Ngonthel” bareng ini.

“Acara yang diikuti oleh berbagai kalangan ini akan diikuti oleh peserta dari berbagai daerah. Untuk itu, harapannya Surabaya bisa menjadi barometer nusantara,” kata Slamet saat jumpa pers di Bagian Humas Surabaya.

Slamet juga mengatakan, yang menjadi menarik dalam acara ini adalam silahturami yang terjalin antar peserta yang berasal dari Kabupaten/Kota lainnya. Bahkan, tidak menutup kemungkinan berasal dari provinsi lainnya.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Afghani Wardhana mengatakan, karena menariknya acara ini, Wali Kota Blitar pun rencananya juga akan ikut dalam “ngonthel” bareng ini. “Jambore ini juga akan diisi oleh lomba-lomba dan pameran pernak-pernik sepeda tua,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga.

Lomba yang dimaksud tersebut dibagi dalam dua kategori, yaitu lomba individu dan beregu. Untuk lomba secara individu tersebut akan berlangsung pada Sabtu (6/4/2017), yang meliputi Lomba Bersepeda Lambat dan Lomba Dorong Sepeda Mundur. Sedangkan lomba secara grup akan berlangsung pada esok harinya, meliputi Lomba Kostum dan Lomba Ngonthel Bareng.

Jambore ini akan dimulai di Stadion Gelora 10 November pada jam 07.00 WIB dan direncanakan akan dibuka oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Sedangkan untuk rute yang dipilih, yaitu Tambaksari (Stadion Gelora 10 November) – Ambengan – Kusuma Bangsa – Kapasari – Kenjeran – Kedung Cowek – Tambak Wedi Baru – putar balik arah menuju Nambangan – Jembatan Surabaya – Sukolilo Lor – Kenjeran – Kapas Krampung – Tambaksari (kembali ke lokasi awal).

Masyarakat Surabaya dan peserta pun juga bisa mengunjungi pameran pernak-pernik sepeda tua yang terkadang susah ditemukan di tempat lainnya. Untuk masyarakat yang tertarik mengikuti acara ini, bisa mendaftarkan dirinya ke secretariat KOSTI yang bertempat di Tambaksari Surabaya.(hdi/cn2)

Related posts

Selamat Hari Raya Idul Fitri, PDI-P Surabaya: Bergembira Bareng Keluarga, Peduli kepada Tetangga

RedaksiKBID

Peternak Sapi Bojonegoro Antusias Ikuti Kontes Dan Pameran Ternak

DJUPRIANTO

Pemkot Surabaya Larang ASN Bawa Mobil Dinas untuk Mudik Lebaran

RedaksiKBID