KampungBerita.id
Kampung Raya Politik & Pilkada Tapal Kuda Teranyar

Jelang Tahapan Kampanye Pemilu 2024, KPU Jatim dan 38 Kabupaten/Kota Kaji Ulang PKPU 15/2023

Menjelang dimulainya tahapan kampanye Pemilu 2024, KPU Surabaya dan KPU 38 Kabupaten/Kota menggelar rapat koordinasi di Gresik.@KBID-IST/2023.

KAMPUNGBERITA.ID-Menjelang dimulainya tahapan kampanye Pemilu 2024, KPU Jatim menggelar rapat koordinasi (rakor) persiapan bersama 38 KPU Kabupaten/Kota di Kantor MUI Kabupaten Gresik, Senin (7/8/2023).

Pada rakor tersebut, KPU Jatim bersama 38 KPU Kabupaten/Kota akan mengkaji Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilihan Umum.

Ketua KPU Jatim, Choirul Anam mengatakan, saat ini PKPU tentang kampanye telah diundangkan. “Karena itu, menjadi penting bagi KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota lebih awal memahami secara utuh PKPU 15 Tahun 2023,” kata Anam, Senin (7/8/2023).

Untuk itu, tandas dia, perlu bagi kabupaten/kota untuk melihat kembali arsip kampanye Pemilu 2019, utamanya terkait titik lokasi pemasangan alat peraga kampanye (APK). Sebab KPU akan membuat keputusan terkait letak pemasangan APK.

“Ini penting untuk menyegerakan persiapan, merencanakan lokasi mana saja yang dapat dipasang APK,” ungkap Anam.

Terkait tahapan kampanye, Anam mengimbau untuk berkoordinasi dengan stakeholder terkait. Sebab, ke depan kampanye akan melibatkan banyak pihak untuk melakukan fasilitasi.

Sementara Anggota KPU Jatim Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat, Gogot Cahyo Baskoro mengatakan, melalui diskusi kali ini harapannya berbagai aturan yang berpotensi menjadi kendala pada tahapan kampanye dapat diinventarisasi.

“Karena DIM akan kami sampaikan saat mengikuti rakor tingkat nasional,” kata Gogot.

Seperti diketahui, rakor yang terselenggara selama satu hari ke depan juga membahas persiapan kirab Pemilu 2024 di Jatim melalui jalur V. Yang akan diterima pertama kali di Sidoarjo pada 20 Agustus 2023.

Hadir selain Anam dan Gogot, Anggota Insan Qoriawan, Miftahur Rozaq, Nurul Amalia, Rochani, Sekretaris Nanik Karsini, Kabag Tekmas, Kasubbag Partisipasi Masyarakat, serta jajaran staf terkait.

Sedangkan dari kabupaten/kota masing-masing Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM dan Kepala Sub Bagian Teknis Penyelenggaran Pemilu, Partisipasi, dan Hubungan Masyarakat (Tekmas). KBID-KBRN/BE

Related posts

Setahun Lebih Kondisi Jalan Rusak, Puluhan Warga Pasuruan Wadul Dewan

RedaksiKBID

Diduga Beda Persil, Bangunan Golden City Terancam Dibongkar

RedaksiKBID

‘Si Mata Hati’, Aplikasi dari Polda Jatim untuk Koneksitas Tahanan dengan Keluarga

RedaksiKBID