KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

Kapolda Jatim: Satpam harus Mampu Deteksi Gangguan Keamanan

Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin saat memimpin upacara HUT Satpam di lapangan Mapolda Jawa Timur,

KAMPUNGBBERITA.ID – Hari Ulang Tahun ke-37 Satuan Pengaman (Satpam) yang jatuh pada tanggal 30 Desember 2017, diperingati dengan kegiatan upacara langsung dipimpin oleh Kapolda Irjen Pol Machfud Arifin di lapangan Mapolda Jawa Timur, Rabu (10/01).

Kapolda juga membacakan amanat yang disampaikan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dihadapan ratusan anggota Satpam berbagai perusahaan. Kapolri meminta, HUT kali ini dijadikan momentum untuk mengevaluasi kinerja serta merefleksi profesionalitas Satpam di lingkungan kerja masing-masing serta terus di tingkatkan peran sertanya sesuai dengan tema yang ada.

“Satpam juga harus mampu mendeteksi dini gangguan keamanan dan menyampaikan secara cepat dan tepat kepada polisi sehingga benar-benar memberi rasa aman di lingkungan kerja,” lanjut Kapolda Jatim masih membacakan amanat Kapolri.

Termasuk dalam mengatasi masalah-masalah yang timbul dengan penyelesaian yang tidak hanya membutuhkan penanganan fisik.

“Seperti masalah buruh, perijinan serta berbagai bentuk kejahatan lain,”ucap Kapolda.
Usai acara, dihadapan awak media Kapolda mengatakan jika peran serta Satpam sangat dibutuhkan masyarakat guna membantu kerja kepolisian menciptakan keamanan dan ketertiban.
“Satpam itu sangat penting karena memang (Polisi) belum terpenuhi sepenuhnya, ada kesatuan yang jumlahnya tidak lebih dari 60 persen dari kebutuhan riil dengan yang seharusnya ada,”papar Kapolda.

Ia pun berharap Satpam makin solid dan makin profesional didalam menjalankan tugas pengamanan.

Terkait dengan profesionalitas Satpam yang harus terus ditingkatkan, menurut Machfud adalah dengan cara sertifkasi serta pelatihan.

“Kita latih selama dua minggu, dengan latihan kemampuan dasar-dasar kepolisian. Pengamanan TKP (Tempat Kejadian Perkara) dilatih disana termasuk fisik dan sikapnya. setelah 15 hari baru bisa memperoleh sertifikasi dari polda,” imbuhnya.

Untuk diketahui, tema yang diusung dalam HUT kali ini adalah melalui peningkatan kompetensi kita wujudkan profesionalisme Satpam dalam rangka meningkatkan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja. KBID-SIA

Related posts

Sambut Ramadhan 1443 H Pelaku UMKM-IKM Bojonegoro Gelar Bazar Murah

RedaksiKBID

Tak Pernah Dapat Bansos, Warga Surabaya Pertanyakan Alasan Pemerintah

RedaksiKBID

Hindari Klaster Baru, PSI Nilai Vaksinasi Door to Door Paling Tepat

RedaksiKBID