KampungBerita.id
Headline Olahraga Teranyar

Lawan Malaysia, Garuda Muda Diminta Tak Mudah Diprovokasi

Pelatih Timnas U-16 Fachri Husaini meminta pemainya untuk tidak mudah terprovokasi lawan

KAMPUNGBERITA.ID – Duel seru bakal terjadi pada laga Semifinal Piala AFF U-16 antara Timnas U-16 Indonesia versus Timnas U-16 Malaysia di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (10/8) malam nanti.

Berkaca dari pertandingan sebelumnya pada babak penyisihan, pelatih timnas U-16 Indonesia, Fakhri Husaini, berharap anak didiknya tidak mudah terprovokasi saat berhadapan dengan Malaysia.

Kejadian pada saat menghadapi Vietnam dan Myanmar pada babak penyisihan Grup A dapat dijadikan pelajaran bagi para pemain timnas U-16 Indonesia pada saat mereka menghadapi Malaysia di babak empat besar.

“Kami mengevaluasi, aspek yang belum bisa sepenuhnya adalah mengontrol emosi. Sebab, dua kali kami bermain melawan Myanmar dan Vietnam, pemain terpancing, pemain mudah terprovokasi, dan ini jadi pelajaran penting bagi semua pemain,” ujar Fakhri.

“Kedua, ada beberapa situasi yang berbahaya ketika pemain kurang konsentrasi dan kurang tenang dalam mengambil keputusan, ini yang harus bisa diantisipasi,”ucap dia.

Fakhri lantas melanjutkan bahwa provokasi memang kadang dihadirkan oleh sebuah tim guna menjatuhkan mental bermain maupun mengacaukan skema permainan lawan.

“Provokasi pasti akan ada, di mana saja karena bagi sebagian tim, provokasi adalah salah satu cara memengaruhi konsentrasi lawan. Tentu kami sudah belajar banyak dari laga sebelumnya, pengalaman ketika lawan Vietnam dan Myanmar, akan menjadi pelajaran penting untuk persiapan lawan Malaysia,” kata dia.

Meski demikian, Fakhri menyatakan, dia tidak memberlakukan persiapan khusus jelang menghadapi Malaysia, termasuk “mengarantina” para pemain timnas U-16 Indonesia.

“Tidak ada karantina khusus, semua pertandingan kami hanya lakukan persiapan sebaik mungkin, semaksimal mungkin, termasuk aspek mental, sudah kami lakukan sejak jauh-jauh hari,” tutur dia.

Malaysia sendiri melaju ke babak semifinal kali ini dengan menyabet posisi runner-up Grup B seusai mengalahkan Laos dengan skor tipis 1-0, Selasa (7/8/2018) kemarin. Sementara itu, timnas U-16 Indonesia melaju sebagai juara Grup A.

Selain menyoroti masalah di dalam lapangan, Fakhri Husaini juga menitipkan pesan untuk suporter agar memberikan dukungan dengan cara yang sportif dalam pertandingan tersebut.
Pertemuan Indonesia kontra Malaysia di lapangan hijau memang kerap diramaikan dengan rivalitas di tribune stadion. Belum genap satu bulan lalu, suporter Indonesia melemparkan botol dan benda keras lain ke arah pemain Timnas Malaysia U-19 yang berhasil mengalahkan Timnas Indonesia U-19 di semifinal Piala AFF U-19 2018.

Kemudian, Federasi sepak bola Malaysia (FAM) mengirimkan surat protes kepada AFC dan AFF terkait adanya pelecehan yang dilakukan suporter Indonesia saat Timnas Malaysia U-16 menghadapi Thailand di laga pertama Grup B Piala AFF U-16 2018. Saat itu suporter disebut menyanyikan chant dengan kalimat yang sangat kasar.
Jelang pertandingan semifinal Piala AFF U-16 2018 antara Timnas Indonesia U-16 kontra Malaysia, Fakhri Husaini mengirimkan pesan kepada pendukung Indonesia yang akan hadir di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Fakhri meminta agar suporter bisa memberikan dukungan dengan cara yang sportif.

“Kami mengharapkan dukungan dan doa dari suporter Indonesia. Namun kami juga tidak ingin turnamen ini menjadi cela. Dukung kami dengan sportif, kami akan berupaya tampil maksimal. Ini pertandingan sepak bola kelompok umur di bawah 16 tahun, bukan senior,” ujar Fakhri Husaini.

“Anak-anak ini adalah aset sepak bola kita di masa depan yang harus dijaga. Saya mengimbau kepada penonton agar bisa menghargai tim kami, tim lawan, dan sesama suporter lain, baik sebelum, saat, dan sesudah pertandingan.”

“Jangan sampai kreativitas dan kegiatan positif lain yang sudah mereka lakukan sebelumnya, ternoda hanya karena tindakan seorang oknum sehingga merugikan semua pihak, atau lebih buruknya Indonesia sampai terkena sanksi dari AFC dan FIFA,” lanjut pelatih kelahiran Lhokseumawe itu.

Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi Malaysia dalam pertandingan semifinal yang digelar mulai jam 19.00 WIB. Sebelum laga tersebut, akan dimainkan pertandingan antara Thailand kontra Myanmar yang juga digelar di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, jam 15.30 WIB.KBID-NAK

Related posts

Mendikbud Sepakat Libur Sekolah di Surabaya dan Sidoarjo Diperpanjang

RedaksiKBID

Hari Ke-2 Pelaksanaan PSBB Surabaya Raya, Ada 16 Kasus Covid-19 Baru di Jatim

RedaksiKBID

Ruas Jalan Pujer Bondowoso Mulus, Bupati Bondowoso Beharap Ekonomi Masyarakat Meningkat

RedaksiKBID