KampungBerita.id
Nasional Teranyar

Semua Jemaah Haji Gelombang Pertama sudah Berada di Mekah

Jemaah haji diberangkatkan ke Mekah dari Madinah

KAMPUNGBERITA.ID – Seluruh jemaah haji Indonesia gelombang pertama yang berada di Madinah telah iberangkatkan ke Mekah. Sebanyak 6.084 jemaah haji dari 15 kloter terakhir asal Indonesia berangkat sejak Selasa (7/8).

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Nizar Ali berharap jemaah terakhir yang berangkat mendapatkan kelancaran dalam beribadah.

“Mudah-mudahan mendapat kemudahan, kelancaran, dan dapat menjalankan umrah wajib dengan sempurna dan saat puncak haji dapat melaksanakan sempurna. Semoga jadi haji mabrur,” ucap Nizar di Hotel Rehab al-Masi, Madinah.

Nizar berpesan kepada seluruh jemaah yang berangkat ke Mekah agar menjaga kesehatan, sehingga stamina jemaah terjaga dengan baik.

Salah satu contoh menjaga stamina itu ialah tak menghabiskan energi saat prosesi umrah wajib. Jemaah yang mendapat tanggung jawab mendorong jemaah berkursi roda diharapkan dapat memanfaatkan sewa skuter yang disediakan pengelola Masjidil Haram.

Selain itu, jemaah diminta tak menghabiskan tenaga untuk menjalankan umrah sunah. “Itu bisa dilakukan setelah puncak haji,” ucap dia.

Nizar juga menyarankan agar di antara jemaah haji saling menolong. Dia berharap kasus jemaah yang terpisah dari rombongan tak terjadi dengan saling menjaga.

“Dan jangan segan-segan meminta pertolongan kepada petugas. Ada petugas yang akan membantu di setiap sektor dan hotel. Jangan ragu kalau butuh pertolongan, kami siap,” kata dia.

Diprediksi puncak haji akan dimulai pada 20 Agustus 2018.KBID-NAK

Related posts

Toko Komputer di Raya Ngelom Dibobol Pencuri, 6 Laptop dan 10 HP Raib

RedaksiKBID

Kang Irwan Apresiasi Gerak Cepat Relawan PKS saat Tangani Korban Erupsi Semeru

RedaksiKBID

Pj Bupati Bojonegoro Tekankan Inventarisasi Dengan Akurat

DJUPRIANTO