KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

Lestarikan Tradisi Pesantren, PKS Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

PKS Surabaya
Lomba Baca Kitab Kuning Tingkat Surabaya- Sidoarjo memperingati Hari Santri Nasionap di Kantor DPD PKS Kota Surabaya, Minggu (28/11).@KBID2021

KAMPUNGBERITA.ID – PKS kembali menggelar Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK) Tingkat Surabaya- Sidoarjo di Kantor DPD PKS Kota Surabaya, Minggu (28/11/2021)

Lomba yang rutin ini diselenggarakan PKS dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2021 dan milad fraksi PKS DPR RI ini memasuki edisi ke 5.

Kali ini, LBKK diselenggarakan oleh DPD PKS Kota Surabaya bersama DPD PKS Kabupaten Sidoarjo dan diikuti peserta dari dua wilayah, yaitu Surabaya dan Sidoarjo dengan jumlah peserta 22 orang.

LBKK ini dihadiri anggota DPRD Jatim, Lilik Hendarwati da jajaran pengurus DPD PKS Kota Surabaya. Di antaranya Ketua DPD PKS Kota Surabaya, Johari Mustawan, Sekretaris DPD PKS Kota Surabaya sekaligus mewakili Fraksi PKS Kota Surabaya, Cahyo Siswo Utomo, dan Ketua Bidang Pembangunan Keumatan dan Dakwah, Ustaz Turmudi.

Dalam sambutannya, Johari mengingatkan pentingnya peran santri dan para kiai dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia dan LBKK merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan PKS dalam rangka Hari Santri Nasional yang tujuannya untuk melestarikan tradisi-tradisi baik dalam dunia santri, di antaranya membaca kitab kuning.

“Santri dan Kiai memiliki peran sangat penting dalam perjuangan kemerdekaan negeri ini. Tangan- tangan suci para kiai dan tangan- tangan kuat para santri membantu perjuangan kemerdekaan Indonesai, “ujar Bang Jo, sapaan akrab Johari Mustawan.

Sementara itu Lilik Hendarwati menyampaikan bahwa Fraksi PKS selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik buat umat. Melalui LBKK ini, Fraksi PKS turut melestarikan budaya- budaya baik yang ada di pesantren. Yaitu memberikan pemahaman Alquran dan sunnah melalui kitab kuning.

Lilik menambahkan, Fraksi PKS Jatim memperjuangkan perda pengembangan pesantren, dimana pesantren- pesantren di Jatim bisa mendapatkan dukungan dalam pengembangan fasilitas- fasilitas pesantren dari pemerintah daerah.

LBKK ini berlangsung secara berjenjang, mulai tingkat daerah (termasuk dari Surabaya dan Sidoarjo) kemudian lanjut ke Provinsi Jatim hingga terakhir ke Fraksi PKS DPR RI. Adapun hadiah yang diperebutkan di tingkat pusat total uang tunai 75 juta dan hadiah utama Umroh ke Tanah Suci. Sedangkan untuk tingkat Surabaya dan Sidoarjo, hadiah yang diperebutkan uang tunai total 4,5 juta.

Setelah melalui proses yang panjang, LBKK tingkat Surabaya dan Sidoarjo menghasilkan tiga pemenang. Juara pertamaadalah Faiz Albar, juara II Wasil Sidhu Ilma, dan juara III Ahmad Jauhari Nahari.

Para juara ini akan mewakili Surabaya- Sidoarjo untuk LBKK tingkat wilayah yang rencananya digelar 2 Desember 2021. KBID-BE

Related posts

Tolak Pansus Covid-19, Ketua DPRD Surabaya Bantah Lindungi Wali Kota

RedaksiKBID

Cuaca Panas Ekstrem Landa Wilayah Jatim, Puluhan Ayam Mati

RedaksiKBID

Kebahagiaan Warnai Momen Penerimaan SK PNS Pemkab Bojonegoro  

RedaksiKBID