KampungBerita.id
Headline Olahraga Teranyar

Nekad, Aksi Para Bonek yang Bikin Gempar Dunia

Truk yang ditumpangi para Bonek miring saat melaju sesaat kemudian ambruk. @KBIDsholihuddinJP

KAMPUNGBERITA.ID – Hampir semua Bonekmania (Suporter Persebaya Surabaya) di seluruh Indonesia tahu betul tentang foto fenomenal puluhan Bonek yang tumpah dari truk milik Kodam V Brawijaya. Ya, foto karya Sholihuddin wartawan Jawa Pos tersebut menjadi sejarah kenekatan Bonek saat membela tim kesayanganya Persebaya Surabaya.

Saat itu, tepatnya 17 Mei 1995, Persebaya berlaga melawan rival seteru lamanya PSIS Semarang di Gelora 10 November Surabaya. Seusai pertandingan, kemenanga Persebaya disambut suka cita para suporter. Lantaran membludaknya suporter, Kodam V Brawijaya dan Polda Jatim menyiapkan truk-truk untuk mengangkut para suporter setelah laga digelar.

Diberi tumpangan gratis, tentu saja mereka langsung menyerbu dan berebut naik truk. Truk pertama berangkat. Giliran truk kedua, truk milik Kodam itu dinaiki lebih banyak orang. Bahkan sampai desak-desakan di dalam.

Tingkah suporter itu membuat keadaan truk seperti orang mabuk. Oleng kanan, oleng kiri. Sang sopir, Prada Munib, sadar diri. Truk dijalankannya dengan pelan. Mengetahui akan jatuh, Bonek-bonek itu malah semakin bersorak.

Truk pun maju dengan hanya ban di sebelah kanan saja. Dan … byuarrr… ! Truk pun terguling. Puluhan suporter yang di atas truk itupun meloncat menyelamatkan diri.

Sholihuddin yang saat itu persis di depan lokasi sudah memrediksi hal tersebut. Hanya sekali jepret, -maklum tahun-tahun tersebut masih belum banyak kamera digital, masih menggunakan rol flm-, foto kemudian jadi.

Sesampainya di kantor, kemudian dicetak. Alangkah kagetnya ketika mengetahui hasil foto yang menakjubkan itu. Pemred Jawa Pos, Solihin Hidayat, kemudian memintanya untuk memasang di halaman satu. Belakangan, foto karya Sholihuddin menjadi foto terbaik World Press Photo 1995 dari kategori spot news, sebuah penghargaan bergengsi dan membanggakan ketika itu. Penghargaan yang bergengsi bagi kalangan wartawan foto sedunia. Hingga kini masih tersimpan di kantor redaksi Jawa Pos, di Graha Pena Surabaya.

”Saat memotret itu, saya terjengkang ditabrak suporter yang loncat. Posisi saya dekat dengan truk. Hanya 10 meter. Polisi yang bersiaga langsung membantu menyelamatkan suporter yang terjepit,” ucapnya.

Hari ini (9/4/2019), laga bersejarah kembali digelar. 55 ribu suporter Bonek memadati Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya (GBT) dimana Persebaya akan melawan ribal seteru lamanya Arema Malang dalam Final Leg I Piala Persiden 2019. Akankan duel klasik ini kembali mencetak sejarah yang menggegerkan dunia?. KBID-NAK

Related posts

Pencuri Motor Babak Belur Dihajar Massa di Gedangan

RedaksiKBID

Bawa Kabur Sepeda Motor, Pencuri Diamankan Warga

RedaksiKBID

Bohong Bawa HP saat di Sekolah, Siswa SMP Mengaku Ditampar Guru

RedaksiKBID