KampungBerita.id
Kampung Raya Surabaya Teranyar

Pamurbaya Masuk Kawasan Lindung, Eri Cahyadi Beri Kepastian Ganti Rugi Pemilik Lahan di Kawasan Itu

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi memberi kepastian ganti rugi kepada warga yang memiliki lahan di kawasan lindung tersebut.@KBID-2022.

KAMPUNGBERITA.ID-Kawasan lindung Pantai Timur Surabaya (Pamurbaya) telah ditetapkan sebagai ruang terbuka hijau (RTH). Ketetapan ini telah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Kota Surabaya Nomor 3 Tahun 2007 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Dengan begitu, setidaknya ada enam kelurahan di empat wilayah kecamatan Pamurbaya yang telah ditetapkan sebagai kawasan lindung. Yakni, Kelurahan Gunung Anyar Tambak, Medokan Ayu, Wonorejo, Keputih, Dukuh Sutorejo dan Kejawan Putih Tambak.

Meski demikian, tidak semua lahan di Pamurbaya merupakan aset milik pemkot. Karena ada sebagian milik warga. Karena itu, dalam acara ‘Sambat Nang Cak Eri’ di Balai Kota Surabaya, sejumlah warga yang memiliki lahan di Pamurbaya menanyakan kepastian pemkot terkait ganti rugi tersebut.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi menyatakan, sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk memberikan kepastian ganti rugi lahan atau rumah milik warga yang digunakan sebagai kawasan lindung Pamurbaya.

“Karena ketika pemkot menetapkan sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) atau jalan, maka kewajiban pemerintah untuk mengganti rugi,”kata Eri Cahyadi, Minggu (4/9/2022).

Namun demikian, Eri Cahyadi menyatakan, pemkot juga harus memiliki skala prioritas mana saja lahan milik warga yang akan diberikan ganti rugi terlebih dahulu. Pun demikian terkait jangka berapa tahun ganti rugi lahan itu juga harus dipastikan. “Itulah kejelasan kehadiran pemerintah,” tandas dia

Lebih jauh, Eri Cahyadi menjelaskan, meski Pamurbaya telah ditetapkan sebagai kawasan lindung, tapi wilayah tersebut masih dapat digunakan warga untuk budidaya tambak. Demikian pula apabila didirikan bangunan, juga diatur maksimal 10 persen dari total luasan lahan yang telah ditetapkan sebagai RTH.

“Kalau RTH masih tetap bisa digunakan sebagai tambak. Kalau konservasi, RTH itu yang dibangun 10 persen,”ungkap Eri Cahyadi.

Untuk itu, dia menyatakan, ketika melihat jumlah luasan lahan RTH di kawasan lindung Pamurbaya, pemkot harus memiliki Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Perencanaan RPJMD ini, bisa dalam jangka waktu 20 tahun, 10 tahun atau 5 tahun.

“Maka 5 tahun pertama yang dibebaskan mana dulu, 5 tahun berikutnya mana, 5 tahun berikutnya mana. Sehingga kita bisa mengatakan bahwa konservasi sepanjang ini (kawasan lindung) akan dilakukan pembebasan (ganti rugi) selama 20 tahun,” kata dia mencontohkan.

Dengan begitu, Eri Cahyadi menegaskan, bahwa warga yang memiliki lahan di kawasan lindung Pamurbaya mendapat kepastian ganti rugi. Makanya, di masa kepemimpinannya ini, dia meminta kepada jajarannya agar dapat memberikan kepastian tersebut.

“Makanya saya minta ayolah diubah. Jadi tidak hanya sporadis, tapi kita bisa memastikan ini lho (ganti rugi) 5 tahun pertama, 5 tahun kedua. Sehingga ada kepastian kepada warga yang rumah atau tanahnya masuk dalam RTH,” beber dia.

Karena bagi Eri Cahyadi, ketika pemerintah menetapkan sebuah kawasan sebagai RTH, maka sudah menjadi kewajiban untuk memberikan ganti rugi kepada warga yang memiliki lahan di sana.

Tentu saja, kata dia, pemberian ganti rugi lahan tidak bisa menggunakan anggaran pemkot pada tahun yang sama. Karena itu, dia menegaskan kepada jajarannya perlu adanya prioritas-prioritas mana saja yang harus didahulukan.

“Pemerintah harus tahu namanya perencanaan itu. Makanya, saya pun juga mengubah mindset (jajarannya) yang ada di pemkot ini,”pungkas dia. KBID-HMS/BE

Related posts

PMII Sidoarjo Ajak Masyarakat Berkontribusi Membangun Bangsa

RedaksiKBID

Nataru, MUI Jatim Imbau Masyarakat Ciptakan Suasana Harmonis dan Sejuk

RedaksiKBID

Hendak Transaksi, Budak Sabu Asal Porong Diringkus

RedaksiKBID