KampungBerita.id
Politik & Pilkada Surabaya Teranyar

PAN Surabaya Segera Memproses PAW Hamka, Ini Kemungkinan Calon Penggantinya

Dr Zuhrotul Mar’ah Laila.@KBID2021

KAMPUNGBERITA.ID – DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Surabaya segera memproses Penggantian Antar Waktu (PAW) anggota Komisi B DPRD Surabaya Hamka Mudjiadi Salam yang meninggal dunia karena terpapar Covid-19, Sabtu (31/7/2021) dini hari.

Pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 silam, almarhum Hamka Mudjiadi Salam menjadi anggota DPRD Kota Surabaya periode 2019-2024 berangkat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Surabaya 1 yang meliputi Kecamatan Krembangan, Bubutan, Genteng, Tegalsari, Simokerto, dan Gubeng. Dia memperoleh 5.021 suara.

Dari informasi yang digali, calon pengganti Hamka Mudjiadi Salam adalah seorang perempuan bernama Dr Zuhrotul Mar’ah Laila yang memperoleh suara sah terbanyak urutan berikutnya dalam daftar peringkat perolehan suara dari partai politik (parpol) yang sama pada dapil yang sama.

Ketua DPD PAN Surabaya Dr KH Mahsun Djajadi ketika dikonfirmasi Minggu (1/8/2021) mengatakan, PAW akan diproses secepatnya, khususnya persyaratan-persyaratan dan dokumen yang harus dipenuhi calon pengganti. “Iya ada PAW nanti. Sesuai ketentuan, suara terbanyak di bawahnya di dapilnya. Berdasarkan pengalaman yang sudah- sudah untuk PAW biasanya maksimal dua sampai tiga bulan. Ya, nanti kami akan koordinasi dengan DPRD dan KPU Surabaya. PAW akan dilakukan sesuai prosedur yang ada. Kami akan segera raapt internal,” ujar dia.

Sementara Sekretaris DPD PAN Surabaya, Juliana Evawati ketika dikonfirmasi menyampaikan jika pengganti Hamka Mudjiadi Salam masih belum dibahas diinternal partai.
“Kita tunggu rapat DPD Senin (2/8/2021) ya, ” ujar Jeje, panggilan Juliana Evawati, Minggu (1/8/2021).

Seperti diketahui proses PAW diawali dari pengajuan partai, kemudian ketua DPRD mengajukan ke KPU Kota Surabaya. Setelah diverifikasi, KPU mengeluarkan pengganti sesuai perundang-undangan. Setelah KPU mengeluarakn pengganti, DPRD segera memproses persyaratan untuk diajukan ke Gubernur Jatim melalui Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi terlebih dahulu.

Selain menyiapkan PAW Hamka Mudjiadi Salam, DPD PAN Surabaya juga harus melakukan kocok ulang di Fraksi PAN-PPP DPRD Surabaya, mengingat sebelumnya Hamka Mudjiadi juga menjabat Ketua Fraksi Gabungan PAN-PPP.

Terkait ini, Mahsun belum bisa memberikan kepastian karena semua ini akan dimusyawarahkan lebih dulu dengan pengurus lainnya.

Sementara menurut sumber di internal PAN, calon ketua fraksi nantinya tak jauh dari nama Ghofar Ismail (Dapil 4) dan Juliana Evawati (Dapil 2). Lantaran, pada Pileg 2019, PAN hanya memperoleh tiga kursi di DPRD Kota Surabaya.

“Biasanya yang jadi ketua fraksi adalah yang sudah lama di dewan. Tapi semua tergantung musyawarah partai,”ungkap sumber tersebut. KBID-BE

Related posts

Terjaring Razia, Delapan PSK Tuban Direhabilitasi ke Kediri

RedaksiKBID

Luncurkan Hari Aspirasi, F PKS DPRD Surabaya Langsung Terima Aduan Warga

RedaksiKBID

Pascabanjir dan Tanah Longsor, Wisata Pantai di Pacitan belum Normal

RedaksiKBID