KampungBerita.id
Matraman Teranyar

Pantau Mobilitas Masyarakat, Penduduk Non Permanen di Madiun Wajib Didata

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Madiun melakukan sosialisasi pendataan penduduk non permanen, Selasa (20/2).

KAMPUNGBERITA.ID – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Madiun melakukan pendataan terhadap penduduk non permanen, Selasa (20/2).

Kepala Dispendukcapil setempat, Nono Djati Kusumo mengatakan, penduduk non permanen harus didata untuk mengetahui mobilitas mereka di Kota Madiun. Dengan demikian, keberadaan penduduk pendatang atau pindah datang dapat segera diketahui. Termasuk status dan pekerjaannya.

“Sesuai amanat Permendagri, penduduk non permanen wajib didata. Anjuran ini baru dilaksanakan di tahun 2018 ini. Jadi Dukcapil yang ada di daerah tingkat II harus mendeteksi atau merapikan data penduduk,”ungkap Nono.

Lebih lanjut dikatakan Nono, saat ini banyak pendatang yang berdomisili di Kota Madiun. Hanya saja, Nono belum menyebut angka secara pasti. Karena itu, pendataan penduduk non permanen akan dilakukan dengan melibatkan ketua RT dan RW dari tiga kecamatan se Kota Madiun.

Teknisnya, pendataan lapangan dilakukan oleh Ketua RT dengan mengisi blangko atau formulir yang sudah disediakan. Selanjutnya data yang diperoleh diserahkan ke ketua RW yang selanjutnya diteruskan ke Dispendukcapil.

Dijelaskan, dalam Permendagri tersebut ketua RT dapat mengajak mitra kerjasama untuk mendata penduduk non permanen seperti pemilik rumah kost, lembaga atau yayasan yang biasanya mempekerjakan pembantu rumah tangga, karena mereka mendatangkan orang dari luar daerah.

“Kita belum kearah situ ya, sementara ini kita libatkan RT dan RW saja, kita bangun ekosistem kependudukan mulai tingkat bawah,”tandasnya. KBID-MDN

Related posts

Jika PSBB Surabaya Diperpanjang, Harus Ada Komitmen Warga dan Pemkot

RedaksiKBID

Enam Bulan Ibu Kandung Laporkan Panganiayaan Anak di Bawah Umur, Polisi Janji segera Bertindak

RedaksiKBID

Komisi A Minta Walikota Isi Kekosongan Jabatan agar Kinerja Dinas Maksimal

RedaksiKBID