KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

Pastikan Prosedur Terpenuhi, Reni Astuti Sidak Lokasi Rapid Test dan Swab Massal di Gunung Anyar

Wakil Ketua DPRD Surabaya, Reni Astuti saat sidak lokasi tes massal di Gunung Anyar.@KBID2020

KAMPUNGBERITA.ID – Wakil Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti melakukan sidak di lokasi rapid test dan swab massal di Kecamatan Gunung Anyar Surabaya, Rabu (3/6/2020).

Pemeriksaan ini merupakan hasil kolaborasi Pemkot dan Badan Intelijen Negara (BIN) yang menyasar berbagai lokasi untuk menggelar pemeriksaan secara massal. Dia hadir di lokasi untuk meninjau proses pemeriksaan tersebut.

Wakil rakyat dari PKS ini ingin memastikan apakah dalam pelaksanaan rapid test dan swab massal ini telah sesuai prosedur atau tidak. Pasalnya, dia menyebut dirinya mendapat laporan sempat ada antrean di lokasi.

Dia meminta pihak Kecamatan dan Puskesmas harus mengatur sedemikian rupa agar tidak sampai terjadi antrean yang panjang. Misalnya saja diatur menggunakan sistem shift.

“Teknis seperti itu bisa diatur oleh pihak kecamatan,” ungkapnya.

Reni mengungkapkan, bantuan dari berbagai pihak seperti halnya BIN dan BNPB yang melakukan pemeriksaan massal di Surabaya memang sangatlah membantu dalam menangani pandemi ini. Sebab, sebelumnya memang tak dipungkiri peralatan di Surabaya yang sempat menghambat proses penanganan.

“Ini sangat membantu sekali,” ungkap Reni menambahkan.

Pemeriksaan ini dilakukan di halaman Kantor Kecamatan Gunung Anyar, warga secara gratis dapat mengikuti pemeriksaan ini. Dengan catatan, ketika antre harus menerapkan physical distancing.

Dari informasi yang dihimpun di lokasi, hingga siang ada sekitar 500 orang yang dirapid kemudian didapati sekitar puluhan orang yang reaktif. Sebagaimana prosedur, BIN juga membawa mobil laboratorium untuk melakukan swab.

“Tidak hanya rapid test tapi juga mobil lab PCR,” kata Prakoso, protokol kegiatan pemeriksaan BIN saat diwawancara di lokasi. KBID-BE

Related posts

Hasil Pemilihan Ketua RW 01 Kelurahan Sawunggaling Diduga Diintervansi

RedaksiKBID

Tiga Direksi Berstatus Tersangka, Bank Jatim Didesak Rombak Manajemen

RedaksiKBID

Terima PWI Jatim Award 2019, Khofifah dan Iqbal Saling Puji

RedaksiKBID