KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

Percepat Tangani Covid-19, PSI Surabaya Gelar Donor Plasma Konvalesen

Donor plasma konvalesen yang digelar PSI Surabaya.@KBID2021

KAMPUNGBERITA.ID – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Surabaya terus melakukan aksi sosial dalam penanganan Covid-19. Kali ini, bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya menggelar donor plasma konvalesen di Jalan Embong Ploso, Minggu (8/8/2021).

Donor ini dilakukan untuk membantu penanganan pasien Covid-19 dan memenuhi stok darah plasma konvalesen yang stoknya semakin menipis di PMI. Selain itu, juga untuk mendukung program Pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

Ketua DPD PSI Surabaya, Yusuf Lakaseng mengatakan, aksi sosial ini sebagai ikhtiar sains dan menggalakkan solidaritas kemanusiaan untuk menanggulangi pandemi Covid-19.

“Pandemi Covid-19 ini hanya bisa diselesaikan dengan tiga hal, yakni berdoa kepada Allah, percaya sains, dan menggalakkan aksi solidaritas. Di antaranya, dengan usaha kami menggelar donor plasma konvalesen,” kata Yusuf dalam rilis yang dikirim ke redaksi, Minggu (8/8/2021).

Yusuf menerangkan, aksi sosial ini menargetkan 30 pendonor plasma konvalesen yang lolos screening PMI. Karena dari plasma yang mereka donorkan dapat membantu menyebarkan kesembuhannya ke 30 pasien Covid-19 yang sedang berjuang melawan virus.

“Targetnya kita ingin bisa menjangkau semua penyintas Covid-19 di Surabaya yang sudah sembuh melawan virus. Tapi hari ini kita berharap ada 30 lebih yang lolos screening donor. Karena dari mereka yang sembuh Covid-19 bisa menularkan kesembuhannya pada saudara yang lain dengan memberikan plasmanya sebagai antibodi dan mengusir virus,”ungkap dia.

Lebih jauh, Yusuf menyatakan, aksi sosial ini diharap bisa diikuti lebih banyak lagi para penyintas, pendonor hanya perlu memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh PMI dengan dinyatakan surat dokter telah sembuh dan tidak mengalami gejala Covid-19 selama 14 hari.

PSI Surabaya sangat berterima kasih kepada para penyintas yang telah mendaftar dan sebagai bentuk apresiasi kepada para penyintas yang telah bersedia mendonorkan plasmanya dengan memberikan souvenir dan sembako. KBID-BE

Related posts

Geger, Potongan Mayat Korban Mutilasi Berserakan di Pasar Besar Malang

RedaksiKBID

Pasangan Novi-Marhain Daftar di KPU Nganjuk

RedaksiKBID

Ambruk Setahun Lalu, Jembatan Pucangsimo Jombang Selesai Dibangun secara Swadaya

RedaksiKBID