KampungBerita.id
Kampung Raya Surabaya Teranyar

Peringati 16 HAKTP, BEM Unair Gelar Seminar Pencegahan Kekerasan Seksual terhadap Perempuan

Dosen Psikologi Unair Atikah Dian Ariana dan alumni mahasiswi FISIP Unair, Elni Nainggolan menjadi narasumber seminar yang digelar BEM Unair.@KBID-2023.

KAMPUNGBERITA.ID-Kementerian Kesetaraan Gender Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Airlangga (BEM Unair) mengadakan seminar Airlangga Gender Campaign 2.0 (AGC) di aula Siola, beberapa hari lalu.

Kegiatan yang merupakan salah satu program kerja (proker) dari Kementerian Kesetaraan Gender BEM Unair itu dihadiri 45 peserta dari mahasiswa maupun masyarakat umum.

Ketua Pelaksana AGC 2.0, Azlin Huwaida mengatakan, seminar ini dalam rangka memperingati 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (HAKTP).

“Di mana 25 November merupakan peringatan Hari Penghapusan Kekerasan Terhadap Perempuan (HPKTP). Selain itu, pada tanggal itu juga sebagai pembuka rangkaian 16 HAKTP hingga 10 Desember nanti,” ujar dia.

Pada seminar tersebut panitia menghadirkan dua narasumber, yakni Atikah Dian Ariana, S.Psi, M.Sc, M.Psi (Dosen Psikologi Universitas Airlangga) dan alumni mahasiswa FISIP Universitas Airlangga, Elni Nainggolan, S.IP.

Sebagai pembicara, Elni Nainggolan menyampaikan materi terkait relevansi perundangan-undangan dan pencegahan kekerasan seksual terhadap perempuan di kampus. “Adanya Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS) menjadi payung pelindung bagi para korban sehingga mereka dapat melaporkan kekerasan seksual yang mereka alami kepada pihak berwajib,” ujar dia.

Sementara Atikah Dian Ariana, lebih menyoroti tentang sistem dukungan psikologi untuk korban kekerasan seksual di kampus.

Dia yang juga seorang psikolog ini menjelaskan bagaimana peran psikolog dalam menangani korban-korban kekerasan seksual.

“Ada sejumlah fasilitas pelayanan untuk melaporkan kekerasan seksual di lingkungan kampus, seperti Satgas PPKS Unair, BEM KKG, Call Center Unair, dan organisasi lainnya, ” jelas dia.

Sementara selain untuk memperingati 16 HAKTP, kegiatan ini juga sebagai sarana edukasi dan ruang diskusi bagi mahasiswa maupun masyarakat umum.

Kementerian Kesetaraan Gender BEM Unair.@KBID-2023.

Dirjen Edukasi KKG BEM Unair, Dyah Ardhanie menuturkan, bahwa seminar ini merupakan salah satu program kerja dari kedirjenan edukasi yang sejalan dengan tugas dan tujuan untuk memberikan edukasi serta menyajikan informasi terkait hal-hal yang berkaitan dengan kekerasan seksual maupun bentuk-bentuk ketidakadilan gender lainnya.

Menteri dari Kementerian Kesetaraan Gender BEM Unair, Ilham Fawwaz menambahkan kegiatan ini menjadi moment yang tepat karena bisa menjadi awal pembuka rangkaian peringatan 16 HAKTP dan diharapkan nantinya KKG BEM Unair turut berkontribusi pada peringatan tersebut. KBID-BE

Related posts

Warga Serbu Buah Murah di Jalan Tunjungan Surabaya

RedaksiKBID

Cegah Penyebaran Corona, Pemkot Malang Tutup Sementara Tempat-tempat Usaha

RedaksiKBID

Pilpres 2024, Golkar Resmi Dukung Prabowo

RedaksiKBID