KampungBerita.id
Madrasah Surabaya Teranyar

SMP Negeri Belum Maksimal Tampung Siswa MBR, Politisi PSI: Pemkot Harus Bangun Sekolah Baru

Anggota Fraksi PSI DPRD Kota Surabaya, William Wirakusuma. @KBID-2022

KAMPUNGBERITA.ID-Untuk pemerataan pendidikan di Kota Surabaya, anggota Pansus LKPJ Wali Kota 2021, William Wirakusuma mengusulkan pembangunan sekolah khususnya SMP Negeri baru kepada Pemkot Surabaya.

Menurut dia, keberadaan sekolah negeri, utamanya SMP belum maksimal menampung siswa dari keluarga masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), akhirnya mereka menyekolahkan anaknya di sekolah swasta.

“Saya rasa memang perlu adanya pembangunan gedung sekolah baru di kecamatan yang minim adanya sekolah negeri. Kenapa? Karena saat ini SMP Negeri yang ada masih belum maksimal menampung anak-anak dari keluarga MBR,”ujar William yang juga anggota Fraksi PSI DPRD Kota Surabaya, Kamis (14/4/2022).

Dia juga mengimbau kepada pemkot agar melakukan pemetaan jumlah anak warga MBR. Supaya jadi acuan lokasi pembangunan SMP Negeri. Ini agar diketahui di wilayah kecamatan mana yang padat warga MBR-nya.

Menurut William, semua anak dari keluarga MBR dapat tertampung di SMP Negeri yang ada. “Yang saya inginkan ke depannya Pemkot Surabaya dapat menampung semua anak keluarga MBR melalui SMP Negeri. Selain itu, posisi sekolah juga sesuai zona. Jadi orang tua tidak perlu khawatir saat anaknya sekolah,” imbuh William yang juga anggota Komisi C DPRD Surabaya.

Tidak hanya itu, William juga wanti-wanti agar fasilitas dan kualitas semua sekolah negeri dibuat sama. Dengan demikian diharapkan tidak ada lagi predikat sekolah favorit, sehingga saat penerimaan murid baru tidak timbul masalah zonasi.

“Pemkot harus memberikan fasilitas yang sama di semua sekolah negeri dan menyesuaikan tempat mengajar para guru menjadi dekat dengan tempat tinggal para guru. Ini penting agar selain lebih mempermudah guru dalam bekerja, juga menekan biaya transportasi serta memeratakan kualitas sekolah,” tandas William.

Ke depan diharapkan bangunan baru sekolah negeri yang memiliki fasilitas dan kualitas yg sama dapat menekan angka putus sekolah, serta menaikkan derajat keluarga MBR karena mendapatkan pendidikan yang terbaik. Para guru pun dapat bekerja tidak jauh dari rumah mereka tinggal. KBID-BE

Related posts

Alfian Limardi Dorong Nol Korban Meninggal Akibat Kebakaran

RedaksiKBID

PDIP dan Rakyat Surabaya Hantar Eri Cahyadi-Armuji Daftar ke KPU

RedaksiKBID

Fandi Utomo Selaraskan Visi Presiden dan Gubernur untuk Surabaya

RedaksiKBID