KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

Surabaya Butuh RTB untuk Menampung Banjir

Anggota Komisi A DPRD Kota Surabaya, Josiah Michael. @KBID-2022

KAMPUNGBERITA.ID-Hujan deras di masa pancaroba belakangan ini membuat beberapa kawasan di Surabaya masih terjadi banjir. Upaya pencegahan dilakukan pemkot dengan menormalisasi saluran air di permukiman warga dan melakukan pemetaan lebih detail di setiap wilayah Kota Surabaya.

Anggota Komisi A DPRD Surabaya, Josiah Michael mengatakan, penanggulangan atau pengendalian banjir perlu mekanisme yang lebih kompleks, bukan secara parsial, gorong-gorong ataupun pengerukan semata.

Menurut dia, tantangan menangani banjir bukan hanya daerah resapan, tetapi tingginya pemakaian air tanah dan permukaan air laut ketika pasang. “Hemat saya, Surabaya butuh RTB (Ruang Terbuka Biru) untuk menampung banjir, utamanya perumahan.” ujar Josiah, Rabu (6/4/2022).

Maka, lanjut Josiah limpahan air hujan dari perumahan tidak langsung masuk dan membebani saluran air di luar kompleks. Selain perumahan, di kampung juga bisa memanfaatkan lahan bekas tanah kas desa (BTKD) untuk RTB. Sementara untuk ukuran dan besarannya perlu kajian lebih dalam lagi. Selama ini kita hanya berfokus ke daerah resapan, area RTH, tapi tidak fokus ke penampungannya,” tandas Josiah yang juga Ketua Badan Pembentukan Perda (Bapemperda) DPRD Kota Surabaya.

Permasalahan lainnya, politisi PSI ini menyesalkan Badan Penanggulangan Bencana (BPB) Linmas yang belum dilibatkan secara optimal dalam penanganan banjir. Padahal banjir merupakan bencana.

“Jadi ketika banjir para anggota BPB Linmas harus turun ke kantong-kantong banjir. Membantu masyarakat dan memberikan bantuan penanggulangan banjir sementara.” papar Josiah.

Karena itu, dia mengimbau sudah saatnya mengecek bangunan tinggi di Surabaya, sesuai Perwali 14 Tahun 2018 tentang Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung.

“Setiap bangunan gedung berkewajiban menampung air hujan, sebelum menyalurkan ke drainase kota. Sudah berfungsi dengan benar apa belum,”pungkas dia. KBID-BE

Related posts

Daerah Pemasok Kena Wabah PMK, RPH Surabaya Kekurangan Stok Hewan Kurban

RedaksiKBID

Razia Balap Liar di Alun-alun Sidoarjo, 142 Motor Bodong Diamankan

RedaksiKBID

Whisnu Sakti: Pemkot Surabaya Siap Alokasikan Anggaran Khusus untuk RT

RedaksiKBID