KampungBerita.id
Kampung Raya Teranyar

Tanggulangin Langganan Banjir, Pemkab Sidoarjo Bangun Kisdam di Tiga Desa

Gus Mudhlor
Bupati Sidoarjo, H. Ahmad Muhdlor Ali memantau pembangunan kisdam guna mengatasi banjir.@KBID2021

KAMPUNGBERITA.ID – Wilayah Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo menjadi langganan banjir di setiap musim penghujan. Akibatnya, tiga desa di wilayah tersebut terkena dampaknya. Ketiga desa tersebut masing-masing Desa Banjarpanji, Desa Kedung Banteng dan Desa Banjarsari.

Tak pelak, masyarakat di ketiga desa tersebut mengeluhkan penanganan banjir oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo yang belum juga maksimal.

Mesrespon keluhan warga, Bupati Sidoarjo, H. Ahmad Muhdlor Ali atau yang akrab disapa Gus Mudhlor gerak cepat dengan membangun penahan air (kisdam) guna mengatasi banjir yang terjadi.

‘’Ketiga desa ini mirip dengan mangkok, maka yang perlu didorong adalah membangun beberapa kisdam, sehingga di ujung mengkok kini kita siapkan kisdam sekaligus pompanya,’’ kata Gus Mudhlor.

Gus Mudhlor menambahkan, kisdam cukup efektif untuk mengatasi banjir pada posisi tanah dengan elevasi turun dan subsiden tiap tahun. Hal ini, katanya, menjadi salah satu faktor menunjang penanganan dengan cara seperti itu.

Selain itu, kata dia, banjir rob juga menjadi salah satu masalah banjir yang kerap terjadi di Kecamatan Tanggulangin.

‘’Persiapan harus segera dimatangkan sebelum bulan Januari mendatang. Tujuh pompa sudah disiagakan nanti kita akan tambahkan lima belas pompa,’’ ujar Gus Mudhlor.

Saat ini, imbuhnya, sudah ada tujuh pompa yang sudah siaga dan akan ditambah pompa lagi guna menangani permasalahan tersebut. Pihaknya memercayakan proyek tersebut kepada PU Bina Marga Sidoarjo.

Menurutnya, pihaknya mengambil langkah tersebut agar semua berjalan dengan baik. Termasuk memastikan kelancaran saluran pompa, menajamen air, dan manajamen SDM. Nantinya, ujar dia, setiap kidam aka nada petugas yang berjaga.

Sementara cara lain untuk mengatasi banjir di Sidoarjo, Gus Mudhlor mengatakan pihaknya membangun dam afvoer Kedungpeluk serta peningkatan saluran Gedangrowo yang kini sudah berjalan dengan baik. KBID-Ariskha Damaiyanti

Related posts

Ban Depan Pecah, Truk Trailer Terperosok Parit di Krian

RedaksiKBID

“On the spot” Dewan Ketahanan Nasional Cipta Kondusifitas Pasca Pemilu 2024

DJUPRIANTO

Bonek Dikepung di Polsek Ambulu, Sopir Elf: Saya Bawa Mobil Sambil Tiarap

RedaksiKBID