KampungBerita.id
Kampung Gaya Teranyar

Tuareg dan Hamer jadi Penghuni Baru Taman safari Prigen

Dua Burung Afrika Crowned Crane usai menetas di Taman Safari Prigen, Pasuruan, Jawa TImur.

KAMPUNGBERITA.ID – Dua burung Afrika Crowned Crane atau jenjang mahkota hitam menetas di Taman Safari Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Burung itu menetas dengan cara dieramkan di inkubator khusus.

Public Relation Officer Taman Safari Prigen, Lely Widya Arishandi mengatakan, sesuai data dari International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN), Burung Crowned Crane merupakan jenis burung yang berstatus vulnerable (rentan).

Burung itu, kata dia, memiliki nama Latin Balearica pavonina, dan saat ini menjadi pelengkap koleksi satwa baru di Taman Safari Prigen. “Burung yang berasal dari Afrika Barat itu lahir berjenis kelamin jantan dan betina, dan diberi nama Tuareg dan Hamer,” katanya.

Keduanya, menetas dari indukan Zaskia dan Diono. Kini total crowned crane di Taman Safari Prigen berjumlah sembilan ekor.

Ia mengatakan crowned rane merupakan satwa omnivora, atau mengkonsumsi segala macam makanan. Mulai dari biji-bijian, serangga dan binatang kecil lainnya. Namun, untuk bayi crowned crane diberikan makanan khusus.

“Tuareg dan Hamer diberi makan sayuran seperti sawi, kecambah maupun wortel serta ditambah dengan ulat. Dalam sehari mereka makan hingga tujuh kali karena masih dalam masa pertumbuhan,” katanya. KBID-PSR

Related posts

KONI dan Sejumlah Dinas di Tuban terus Sosialisasikan Porprov 2019 Jatim

RedaksiKBID

Agar Kasus Jasmas Tak Berulang, Pimpinan Dewan Ajak Masyarakat Cemari Alokasi Dana Kelurahan

RedaksiKBID

Rapat Paripurna LPJ APBD 2021, DPRD: Neraca Keuangan Pemkot Surabaya TA 2021 Positif

RedaksiKBID