KampungBerita.id
Kampung Gaya Teranyar

Tuareg dan Hamer jadi Penghuni Baru Taman safari Prigen

Dua Burung Afrika Crowned Crane usai menetas di Taman Safari Prigen, Pasuruan, Jawa TImur.

KAMPUNGBERITA.ID – Dua burung Afrika Crowned Crane atau jenjang mahkota hitam menetas di Taman Safari Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Burung itu menetas dengan cara dieramkan di inkubator khusus.

Public Relation Officer Taman Safari Prigen, Lely Widya Arishandi mengatakan, sesuai data dari International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN), Burung Crowned Crane merupakan jenis burung yang berstatus vulnerable (rentan).

Burung itu, kata dia, memiliki nama Latin Balearica pavonina, dan saat ini menjadi pelengkap koleksi satwa baru di Taman Safari Prigen. “Burung yang berasal dari Afrika Barat itu lahir berjenis kelamin jantan dan betina, dan diberi nama Tuareg dan Hamer,” katanya.

Keduanya, menetas dari indukan Zaskia dan Diono. Kini total crowned crane di Taman Safari Prigen berjumlah sembilan ekor.

Ia mengatakan crowned rane merupakan satwa omnivora, atau mengkonsumsi segala macam makanan. Mulai dari biji-bijian, serangga dan binatang kecil lainnya. Namun, untuk bayi crowned crane diberikan makanan khusus.

“Tuareg dan Hamer diberi makan sayuran seperti sawi, kecambah maupun wortel serta ditambah dengan ulat. Dalam sehari mereka makan hingga tujuh kali karena masih dalam masa pertumbuhan,” katanya. KBID-PSR

Related posts

PBNU Minta Tak Ada Black Campign di Pilgub Jatim

RedaksiKBID

Usul Cabut Izin Ormas, MPW PP Jatim Tuntut Junimart Girsang Minta Maaf

RedaksiKBID

Sepi Pembeli Akibat Corona, Pedagang Kampung Bendera Tawarkan Produk Lewat Online

RedaksiKBID