KampungBerita.id
Headline Surabaya Teranyar

Wali Kota dan Wakil Walikota Terpili Diumumkan, DPRD Surabaya Kirim Surat Usulan Pengangkatan ke Mendagri

Paripurna usulan pengangakatan wali kota dan wakil walikota Surabaya terpilih.@KBID2021

KAMPUNGBERITA.ID – Hari Jumat (19/2/2021), menjadi hari paling sibuk bagi DPRD Kota Surabaya. Mereka secara maraton menggelar Rapat Paripurna tentang usulan pengangkatan Eri Cahyadi-Armuji sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya agar mendapatkan surat keputusan (SK) pengangkatan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Rapat paripurna digelar Jumat (19/2/2021), setelah KPU Surabaya menetapkan Eri Cahyadi-Armudji sebagai Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya terpilih hasil Pilwali 9 Desember 2020 lalu.

Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono mengatakan, telah berkoordinasi dengan Pemprov Jatim dan diminta segera mengirim berkas hasil rapat paripurna dan berkas hasil penetapan KPU Surabaya.

“Kita sudah dikontak Pemprov Jatim agar secepatnya hari ini berkas dikirim. Hari ini juga kami rapat paripurna,” ungkap dia.

Menurut Awi, panggilan Adi Sutarwijono, DPRD Surabaya berharap akhir Februari ini Kota Surabaya sudah mempunyai Wali Kota dan Wakil Wali Kota definitif. “ Dengan begitu bisa meneruskan pembangunan, menangani pandemi Covid-19, dan pemulihan ekonomi,” ujar dia.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya menetapkan Eri Cahyadi-Armuji sebagai Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Terpilih pada Pilkada Surabaya 2020.

Penetapan dilakukan dalam Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Terpilih dalam Pilkada Surabaya 2020, di Hotel Wyndham, Jumat (9/12/2021) sore.

Keputusan dibacakan Komisioner KPU Surabaya Divisi Hukum dan Pengawasan Agus Turcham
“Memutuskan, menetapkan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya nomor urut 1, saudara Eri Cahyadi-Armuji, sebagai pasangan calon wali kota dan wakil wali kota terpilih dalam Pilkada Surabaya 2020, dengan perolehan suara 597.540 atau 56,94 persen dari total suara sah,” kata Agus Turcham.

Keputusan penetapan Eri-Armuji sebagai calon terpilih itu termaktub dalam Surat Keputusan KPU Surabaya nomor 49/PL.02.7-Kpt/3578/KPU-Kot/2/2021 tentang penetapan pasangan calon wali kota dan wakil wali terpilih dalam Pilkada Surabaya 2020.

“Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan, dengan ketentuan apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan dan lainnya, maka akan diadakan perbaikan dan atau perubahan sebagai mana mestinya, ditetapkan di Surabaya 19 Februari 2021,” kata Agus. KBID-BE/DJI

Related posts

Plt Wali Kota Surabaya dan Forkopimda Jatim Sidak Hari Pertama Penerapan PPKM

RedaksiKBID

Kumpulkan Pimpinan Media Usai Kunjungan Mega, Risma: Sumpah Demi Allah Tidak Bahas Pilkada

RedaksiKBID

Fokus Pengembangan Ekonomi, DPRD Mulai Bahas Kerja Sama Sister City Surabaya-Gaziantep Turki

RedaksiKBID