KampungBerita.id
Kampung Raya Madrasah Teranyar

Wali Kota Mojokerto Ning Ita Ajak Penggemar Mobil Kuno Jatim Mampir di Sekolahan Bung Karno

Wali Kota Mojokerto
Ning Ita menaiki mobil bekas Bung Karno bersama dengan suaminya Supriyadi Karima Saiful.@KBID2022

KAMPUNGBERITA.ID – Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari melepas acara City Tour, Soekarno Tlatah Ing Majapahit, Minggu (16/1). Acara ini diikuti sekitar 125 peserta pegiat mobil kuno dari Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) Jatim yang juga berkolaborasi dengan Museum Gubug Wayang.

Dalam acara ini kebetulan dihadirkan mobil kuno yang dahulunya pernah dipakai Ir. Soekarno dalam berdinas ketika menjabat sebagai presiden.

Start kemudian dimulai dari rumah dinas wali kota atau saat ini biasa disebut Rumah Rakyat. Ning Ita sapaan akrabnya menaiki mobil bekas Bung Karno bersama dengan suaminya Supriyadi Karima Saiful.

Agenda City Tour itu kemudian mengelilingi beberapa titik yang ada di Kota Mojokerto. Seperti kantor Pemkot Mojokerto, SDN Purwotengah tempat Bung Karno dahulu menempuh pendidikan semasa kecil, Alun-Alun Kota Mojokerto dan terakhir kembali finish di Rumah Rakyat.

Dalam sambutannya Ning Ita demikian biasa disapa mengaku bangga sebagai tuan rumah. “Pasti ada alasan khusus dan keistimewaan. Kota yang memiliki warisan budaya dan sejarah,” ujarnya.

Dia melanjutkan Kota Mojokerto ini ribuan tahun yang lalu, merupakan kota yang penuh dengan sejarah bagaimana Nusantara dipersatukan. Kemudian juga bagaimana akulturasi budaya terwujud, negosiasi politis, ekonomi, dan sosial terjadi.

“Dan itu semua ada di pusat kerajaan Majapahit yang bernama Mojokerto. Maka tak salah kalau bapak dan ibu semua ingin berwisata sejarah di Mojokerto. Ada titik-titik kenangan sejarah ada di kota ini,” ujarnya kembali yang kemudian disambut tepuk tangan para peserta.

Selain pernah sebagai pusat kerajaan, Ning Ita juga menjelaskan memiliki sejarah Sang Proklamator Ir. Soekarno. “Sehingga sangat layak untuk mengimplementasikan keluhuran jejak tersebut,” imbuhnya.

Tak lupa Ning Ita juga turut mempromosikan kuliner asli Mojokerto. “Yang tentu saja melalui resep turun-temurun. Ada rawon, pecel ada onde-onde yang semuanya itu melegendaris dan tetap eksis sampai sekarang,” pungkasnya.

Terpisah Direktur Gubug Wayang, Cynthia Handy menambahkan tujuan City Tour Soekarno karena Mojokerto merupakan kota kecil yang menyimpan banyak sejarah mulai dari Kerajaan Majapahit hingga masa Kemerdekaan. “Kehidupan mengenai Putra Bangsa, Proklamator Republik Indonesia, Presiden pertama RI ini ternyata memiliki cerita masa kecilnya di Mojokerto. Sembilan tahun bukanlah waktu yang sebentar, di Mojokertolah Soekarno mendapatkan begitu pengalaman dalam berteman dengan segala kalangan,” ujarnya.

Dia menambahkan dengan kemunculan mobil RI 1 Soekarno maka Museum Gubug Wayang telah berkomitmen dengan Bu Walikota dalam pemajuan kebudayaan di Mojokerto. “Menyampaikan hal ini kepada Bu Wallikota, karena adanya konsentrasi pemkot untuk pengembangan Kota Mojokerto sebagai Kota Sukarno Kecil. Alhasil sangat direspon dan didukung oleh Ibu Walikota yang sangat memprioritaskan Kota Mojokerto menjadi Kota Pariwisata,” imbuhnya. KBID-NAK

Related posts

Pansus Covid-19 Kandas, Demokrat-NasDem Memanas, Herlina: Kalau Imam Tak Nyaman, Silakan Cari Fraksi Lain

RedaksiKBID

PMK yang Menginfeksi Hewan Ternak Jarang Menular ke Manusia

RedaksiKBID

Edarkan Sabu, Janda 7 Anak Ditangkap Polisi

RedaksiKBID