KampungBerita.id
Headline Teranyar

Warga Korban Lumpur Lapindo Tetap Ziarah Kubur di Atas Tanggul

Warga korban Lumpur Lapindo tetap menggelar ziarah kubur menjelang Ramadan, Kamis (23/4).@KBID2020

KAMPUNGBERITA.ID – Menjelang bulan suci Ramadhan, warga korban lumput asal Desa Kedungbendo, Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo melakukan ziarah kubur ke makam leluhurnya. Kegiatan mereka dilakukan di atas tanggul penahan lumpur titik 71, tepatnya di Desa Ketapang Kecamatan Tanggulangin.

Ziarah dan doa bersama itu dilakukan oleh puluhan keluarga Ponpes Attdzid. Yang di oimpin oleh Ustadz Abdul Patah warga Desa Kedungbendo Kecamatan Tanggulangin, yang dimulai sekitar pukul 16.30 WIB Kamis (23/4).

“Ziarah kubur ini rutin dilakuka untuk mendoakan leluhur kami,” kata Patah kepada wartawan di atas tanggul penahan lumpur Sidoarjo, Kamis (23/4/2020).

Menurutnya, kegiatan ini memang rutin dilakukan menjelang bulan suci Ramadhan. Karena makam leluhur dan warga korban lumpur lainnya terendam lumpur. Para warga ini hanya bisa saat ziarah kubur, hanya bisa berdoa dan melakukan tabur bunga di atas tangggul penahan lumpur.

“Meskipun di tengah mewabahnya virus Corona, kami tetap melakukan ziarah kubur bersama santri-santri yang tidak bisa pulang kampung,” tambah Patah.

Patah menjelaskan, pihaknya tidak bisa melupakan jasa-jasa para leluharnya yang telah tiada. Bahkan dirinya mengaku berdosa tidak bisa memindahkan makam leluhurnya yang terendam lumpur.

“Dengan kegiatan ini kami juga berharap pemerintah pusat atau Pak Jakowi untuk memperhatihan warga korban lumpur yang belum terbayar,” jelas Patah.

Sementara itu ditempat yang sama, Titis Pujiastuti (31) warga Perumtas I yang sudah tenggelam lumpur mengaku, kedatangannya bersama keluarganya ini untuk melakukan tabur bunga dan ziarah kubur.

“Kedua orang tua kami sudah meninggal sebelum ada lumpur. Karena makam leluhur sudah tenggelam, maka kami bersama kerabat ziarah kubur di atas tanggul,” pungkas Titis. KBID-TUR

 

Related posts

Es Degan, Salah Satu Minuman Terenak di Dunia

RedaksiKBID

Krisis Keuangan, PD Pasar Surabaya Tak Bisa Rekrut Direksi

RedaksiKBID

Ansor Karang Pilang Ngaji Kitab Risalah Aswaja di Masjid Abu Adenan

RedaksiKBID