KampungBerita.id
Headline Kampung Gaya Teranyar

Diwisuda, Puluhan Waranggono Tuban Ikuti Ritual Siraman di Pemandian Bektiharjo

Ritual siraman Waranggono di obyek wisata Pemandian Bektiharjo

KAMPUNGBERITA.ID – Puluhan seniman Langen Tayub, Waranggono diwisuda dengan mengikuti prosesi siraman di obyek wisata Pemandian Bektiharjo, Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemudan dan Olahraga (Disparbudpora) setempat, Sulistiyadi mengatakan, Siraman Waranggono merupakan bekal dasar bagi seniman langen tayub tentang bagaimana pendidikan adab dan sopan santun sebagai Waranggono.

“Sebanyak 85 Waranggono, 65 pramugari, dan 47 pimpinan karawitan dari seluruh Kabupaten Tuban mengikuti wisuda Waranggono ini. Setelah ini para Waranggono diharapkan siap menghibur masyarakat melalui hiburan langen tayub yang sudah dikenal secara Nasional,” ujar Sulistyadi, Rabu (1/11).

Wakil Bupati pun Noor Nahar Hussein turut mengikuti prosesi tersebut. Ia mengatakan kegiatan semacam ini penting untuk melestarikan budaya asli Jawa yang ada di kabupaten Tuban. “Kita memiliki kewajiban untuk terus melestarikan budaya peninggalan sejarah,” katanya.

Anita Fitria Erawati salah satu peserta siraman asal Desa Wangi, Kecamatan Jatirogo mengaku telah menggeluti kesenian asli Tuban ini sejak masih duduk di bangku SMP. Kecintaannya pada seni karawitan turun dari darah sang ibu, Mbarsih, yang berprofesi sebagai Waranggono senior.

“Ada rasa bangga dapat menjadi bagian dari seniman di Tuban. Selain karena cinta juga sekaligus melestarikan budaya asli daerah,” katanya.

Dia berharap, selepas wisuda tersebut dapat meningkatkan ilmu yang telah dipelajari dan siap menghibur masyarakat.KBID-WAR

Related posts

Latihan Praktik Teknik Digital Taruna AAL Angkatan 65 Berakhir

RedaksiKBID

Ainur Rosyid Jabat Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Mojokerto

RedaksiKBID

Menua, Pendiri Majalah Playboy Hugh Hefner Meninggal Dunia

RedaksiKBID