KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

Dubes Kroasia Datangi DPRD Surabaya Jajaki Kerjasama dan Beri Penghargaan

Dubes Kroasia Drazen Margeta memberikan penghargaan atas hubungan baik dengan DPRD Surabaya. Tampak Ketua DPRD Surabaya, Armuji menerima penghargaan tersebut. Selain itu, Korasia terus memantapkan upaya kerjasama dengan Surabaya.

KAMPUNGBERITA.IDKerjasama antara Kroasia dan Surabaya akan dikembangkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di masing-masing kawasan. Hal tersebut diungkapkan Duta Besar Kroasia untuk Indonesia Drazen Margeta dalam kunjungannya di kantor DPRD Surabaya, Selasa (6/2). Selain mengembangkan kerjasama, Dubes Kroasia juga memberikan penghargaan kepada DPRD Surabaya atas jalinan kerjasama dan hubungan baik selama ini.

Drazen datang ditemui langsung oleh Ketua DPRD Surabaya Armuji, Wakil Ketua DPRD Surabaya Darmawan dan Ratih Retnowati serta sejumlah anggota DPRD Surabaya.

“Hubungan antara Kroasia dan Indonesia khususnya Surabaya sudah terjalin lama,” kata Drazen.

Dia mengungkapkan, kerjasama di sejumlah bidang bisa diterapkan antara Kroasia dan Surabaya. Sebagai negara maritime, Kroasia memiliki industry perkapalan yang maju. Surabaya yang juga memiliki kawasan pantai dan pelabuhan bisa menjajaki kerjasama untuk meningkatkan perekonomian di bidang maritim.

“Kerjasama tersebut bisa dipererat dengan komunikasi lanjutan antar kedua kawasan,” ujarnya.

Menurutnya, selain bidang kemaritiman kerjasama bidang industri lainnya juga bisa dilakukan. Pengusaha yang menjadi anggota Kamar Dagang dan Industri (Kadin) di Surabaya juga bisa menjalin komunikasi untuk bertukar informasi pengembangan industri.

“Bisnis pergudangan juga baik. Kita juga memiliki jaringan masuk ke Eropa,” ujarnya.

Ketua DPRD Surabaya Armuji mengatakan, hubungan kerjasama antara Kroasia dan Surabaya akan dijalin melalui hubungan Sister City. Nantinya masing-masing kawasan akan melihat potensi yang bisa digali untuk keuntungan di masing-masing daerah. “Pemanfaatannya untuk Surabaya kan juga harus jelas untuk apa nantinya,” katanya.

Politisi PDI Perjuangan ini menegaskan, kerjasama memang bisa dijalin melalui berbagai bidang. Pelajar dan mahasiswa di Surabaya maupun dari Kroasia juga bisa belajar untuk pertukaran. Sehingga, manfaatnya bisa dirasakan untuk pendidikan di Kota Pahlawan. “Selain bidang pendidikan ada banyak lagi,” terangnya.

Menurutnya, beberapa potensi yang juga bisa digali dari Kroasia di antaranya dari idang olahraga. Tenis dan sepak bola menjadi olahraga terkenal di Kroasia. “Kita bisa mendatangkan pelatih atau menyekolahkan pelatih kita di Kroasia,” ucapnya.

Selain itu, imbuhnya, kerjasama di idang teknologi informasi (IT) juga sangat penting. Hal tersebut juga isa menangkal berita hoax yang saat ini sedang marak.

“Nantinya beberapa kerjasama itu akan ditindaklanjuti karena pihak Kroasia juga akan bertemu dengan Pemkot Surabaya,” pungkasnya. (*)

Related posts

Agar Tak Bebani Masyarakat, Pansus Raperda PBB Inginkan Ada Skema Tarif Baru

RedaksiKBID

Lagi, Forwas Gelar Saur on The Road di Monumen Jayandaru

RedaksiKBID

KPK Pelototi Data Mutasi Pejabat di Mojokerto sejak 2010

RedaksiKBID