KampungBerita.id
Politik & Pilkada Teranyar

Musda IV DPD Partai Demokrat Jatim, Emil Dardak Diprediksi Menang secara Aklamasi

Emil Elestianto Dardak.@KBID2021

KAMPUNGBERITA.ID – DPD Partai Demokrat Jatim bakal menggelar Musyawarah Daerah (Musda) VI pada pertengahan Februari 2021. Sejumlah nama kandidat berpeluang maju menduduki kursi ketua DPD Partai Demokrat Jatim periode 2021-2026.

“Rencananya Musda IV DPD Partai Demokrat Jatim akan dilaksanakan 12 Februari 2021,” ujar
Wakil Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim, Dedy Prasetyo ketika dikonfirmasi Selasa (2/2/2021).

Soal siapa nama-nama kandidat yang akan bertarung, Dedy belum bisa menyebutkannya secara rinci. “Kalau soal ini (nama kandidat, Red) silakan tanya langsung ke Mas Renville (maksudnya Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim Renville Antonio, Red) saja, “tutur dia.

Sementara dari informasi yang digali media ini, ada lima nama calon yang beredar, yakni Emil Elestianto Dardak, Wakil Gubernur Jatim yang kini juga menjabat Plt Ketua DPD Partai Demokrat Jatim. Kemudian, Agus Dono Wibawanto (anggota DPRD Jatim), Ahmad Iskandar (Wakil Ketua DPRD Jatim), Sri Subiati (Bendahara/Ketua Fraksi-PD DPRD Jatim) dan Bayu Airlangga (Sekretaris DPD PD Jatim/Wakil Ketua Komisi A DPRD Jatim).

Seperti diketahui, Soekarwo mengundurkan diri dari jabatan ketua DPD Partai Demokrat Jatim lantaran diangkat menjadi Komisaris Utama salah satu BUMN tahun 2018 lalu, kursi ketua DPD Partai Demokrat Jatim hanya dijabat oleh seorang Plt. Mulai dari Renville Antonio sampai Emil Dardak sampai sekarang.

Nah, momentum musda kali ini akan dimanfaatkan DPC-DPC memunculkan sejumlah nama kuat untuk dipilih menjadi ketua baru untuk lima tahun ke depan.

Sebanyak 38 DPC Partai Demokrat di Jatim tentu sudah punya jago kuat dicalonkan. Bahkan, media ini dapat bocoran jika Emil Elestianto Dardak merupakan calon terkuat.
“DPC-DPC cenderung ke Emil Dardak. Dia sosok yang punya kapabilitas kepemimpinan, cerdas, komunikatif, dan merakyat. Dia diyakini bisa mengembalikan kejayaan Partai Demokrat di Jatim.
Bahkan, tak menutup kemungkinan Musda nanti akan dimenangkan aklamasi,”ujar salah seorang pengurus DPC di Jatim.

Sementara Pengamat Komunikasi Politik Unair Surabaya, Dr Suko Widodo berharap Partai Demokrat bisa menjadi contoh seleksi pemimpin partai yang mencerminkan nilai-nilai demokrasi.

Alasannya, pola suksesi kepemimpinan parpol saat ini banyak yang bergeser, sehingga kurang memberikan pendidikan politik dan demokrasi bagi masyarakat. Sedangkan, Partai Demokrat diharapkan tetap menjaga proses demokrasi seperti musda-musda sebelumnya.

“Saya kira semakin banyak calon, menunjukkan dinamisnya sebuah organisasi parpol. Ini pola yang bagus dalam seleksi pimpinan parpol, walaupun mulai ditinggalkan banyak parpol di Indonesia,”jelas dia.

Soal nama-nama kader Partai Demokrat yang mulai banyak dibicarakan internal partai, Suko menilai, semuanya layak untuk menjadi Ketua DPD Partai Demokrat Jatim ke depan.

“Pak Iskandar, Mas Agus Dono maupun Bu Sri Subiati itu juga sudah lama bergabung di Demokrat. Bahkan, sejak awal berdirinya Demokrat,” ungkap dia.

Banyak tantangan yang bakal dihadapi partai sekelas Demokrat untuk kembali bangkit pada Pemilu 2024. Sehingga, Musda ini bisa dijadikan tonggak kejayaan, jika para peserta musda tidak salah pilih ketua baru. KBID-BE

Related posts

Rayakan Tahun Baru Islam, Suku Tengger Nyalakan Obor Raksasa

RedaksiKBID

Penemu Gading Gajah Purba yang Jadi Pemelihara Museum Trinil

RedaksiKBID

PDAM Surya Sembada Target Semua Rumah Warga Teraliri Air

RedaksiKBID