KampungBerita.id
Headline Politik & Pilkada Teranyar

Paslon Terpilih Pilkada Tuban 2020 Resmi Ditetapkan, KPU segera Kirim Surat ke DPRD

Rapat Pleno penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih yang digelar KPU Kabupaten Tuban.@KBID2021

KAMPUNGBERITA.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban segera berkirim surat ke DPRD Kabupaten Tuban terkait penetapan pasangan calon (paslon) terpilih dalam Pilkada Tuban 2020.

Sebelumnya, pada Jumat (22/1), KPU menggelar rapat pleno terbuka penetapan Paslon terpilih dalam pemilihan bupati dan wakil bupati serentak lanjutan tahun 2020 di Gedung Pertemuan Javanilla.

Dalam penetapan paslon terpilih tersebut pihak KPU memberlakukan protokol kesehatan covid-19 secara ketat dan menetapkan nomor urut 02 Lindra-Riyadi sebagai paslon terpilih pilkada Tuban 2020.

Ketua KPU Kabupaten Tuban, Fathul Ihsan menyampaikan, penetapan paslon terpilih ini sudah sesuai PKPU Pilkada Tuban serentak 2020. Dalam aturan tersebut menerangkan setelah rekap selesai dan tidak ada gugatan, maka MK mengeluarkan buku register. Sehingga, penetapan paslon terpilih ini dilakukan dihari ketiga dari jangka tempo yang ditetapkan selama 5 hari.

“Karena tidak ada gugatan, maka kita lakukan agenda ini,” terang Fathul begitu disapa.

Kata Fathul, setelah penetapan ini agenda selanjutnya diusulkan Kemendagri melalui DPRD lalu disahkan. Berikutnya, dari Kemendagri lalu dilimpahkan pada Gubernur Jawa Timur untuk ditindaklanjuti menuju pelantikan.

“Ya setelah ini kita akan bersurat ke DPRD,” timpalnya.

Di sisi lain, KPU Kabupaten Tuban sudah mengevaluasi diinternal dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2020. Termasuk, dari PPS, PPK hingga tingkat komisioner dan secara umum hasilnya sudah baik.

“Alhamdulillah selama kegiatan Pilkada kemarin berjalan lancar dan tanpa halangan,” ungkap Fathul.

Sementara itu, Cabup, Lindra yang ditetapkan terpilih mengucapkan, terimakasih kepada masyarakat yang telah mempercayainya memimpin Tuban. Pihaknya mengaku akan menjalin komunikasi dengan pemimpin daerah sebelumnya, guna melaksanakan program kerja yang dirancang saat masa kampanye.

“Jadi kita masih ada waktu kurang lebih 5 bulan masa transisi ini kita akan berkomunikasi dengan parpol-parpol. Selanjutnya, komunikasi dengan dinas-dinas terkait untuk segera mensinkronkan program-program pasangan nomor urut 2 yang sudah disampaikan oleh masyarakat,” pungkas Lindra.KBID-WAN

Related posts

Berkas Kasus Amblesnya Jalan Gubeng Belum Kelar

RedaksiKBID

Puncak B29, Wisata Bak Negeri di Atas Awan

RedaksiKBID

Polwan Polresta Sidoarjo Masuk Mall Sosialisasikan Patuh Protokol Kesehatan

RedaksiKBID