KampungBerita.id
Politik & Pilkada Teranyar

TKD Jatim Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin Antisipasi Potensi Golput karena Teknis

Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Timur untuk pasangan Capres-Cawapres Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin, Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin memberi keterangan pers di posko TKD Jatim.

KAMPUNGBERITA.ID – Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Timur untuk pasangan Capres-Cawapres Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin, Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin mengingatkan potensi golongan putih (golput). Peringatan itu disampaikan kepada seluruh partai pendukung dan relawan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Machfud berharap potensi golput di Pilpres 17 April 2019 bisa diantisipasi. Pria asli Surabaya ini mengingatkan, golput yang dintisipasi karena tidak bisa menggunakan hak pilih karena halangan yang bersifat teknis. Seperti belum terdaftar sebagai pemilih atau saat memilih ada di luar kota.

Karena itu, mantan Kapolda Jatim ini mengajak kepada seluruh masyarakat yang memiliki hak pilih supaya menggunakan hak pilihnya dengan baik. Sebab satu suara pemilih akan sangat menentukan untuk perjalanan bangsa dan negara untuk lima tahun ke depan. Ia mengingatkan, Hillary Clinton kalah oleh Donald Trump saat pemilihan presiden Amerika Serikat karena banyak pendukung Hillary yang golput.

“Mulai sekarang pastikan, apakah sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Caranya mudah download saja aplikasi www.kpuri2019.go.id dengan memasukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) nanti akan terlihat masuk di TPS berapa, desa apa dan lain sebagainya,”jelas Machfud Arifin di Posko TKD Jatim, Jumat (22/2).

Sementara bagi para pekerja, Machfud mengharapkan mau mengurus pindah coblos sehingga bisa mendapatkan formulir A5 untuk mencoblos di daerah sekitar lokasi kerjanya.

“Saya juga berharap para pengusaha memberikan cuti atau libur saat Pilpres supaya para pekerja bisa menggunakan hak pilihnya dengan baik,” imbau dia.

Di singgung soal peta dukungan Pilpres di Jatim, dengan lugas Machfud menyatakan, sangat berbeda dengan Pilpres 5 tahun lalu, dimana pasangan Jokowi-Jusuf Kalla mengalami kekalahan di 14 kabupaten/kota di Jatim.

“Daerah-daerah yang Pak Jokowi dulu kalah sekarang hampir pasti akan menang. Tinggal beberapa daerah yang perlu penguatan supaya bisa menang lebih tebal,”beber dia.

Dari sisi partai pengusung, pada Pilpres 2014 silam tidak ada Partai Golkar, PPP dan PBB. Namun di Pilpres 2019 ini ketiga parpol itu masuk koalisi pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Dari koalisi partai pendukung, jumlah partainya lebih banyak. Bahkan kepada daerah di Jatim yang berasal dari partai pendukung Jokowi-Ma’ruf juga lebih baik sehingga kami optimis akan menang tebal,”tandas Machfud.

Beberapa daerah di Jatim yang mengalami kekalahan di Pilpres 2014 diantaranya, Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Bondowoso, Situbondo dan Pacitan.

“Di Madura tinggal Pamekasan dan Sumenep tapi sudah mulai mengarah ke kita. Begitu juga dengan Pacitan progresnya juga baik karena Pakde Karwo ikut mendukung Jokowi-Ma’ruf,” ungkap Machfud.

Ia berharap kemenangan di Jatim bisa dipertebal agar bisa menutup kekalahan tipis pasangan 01 di daerah lain, seperti di Sumatera Barat, Pulau Bangka dan lainnya.

“Provinsi di luar Jawa itu setara dengan kabupaten di Jatim, jadi kalau kita menang besar di Jatim bisa menutupnya,”jelas Machfud Arifin.

Kemenangan pasangan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim lalu juga menjadi angin segar bagi pasangan Jokowi-Ma’ruf. Bahkan menambah kekuatan TKD Jatim menjadi strong (kuat) karena Gubernur Jatim sebelumnya yakni Pakde Karwo juga mendukung pasangan 01.

“Tambah strong karena gubernur yang lama mendukung, dan yang baru juga mendukung pasangan nomor urut 01,”kata Machfud.

Purnawirawan jenderal bintang dua ini mengungkapkan, penguatan relawan pasangan Jokowi-Ma’ruf khususnya dari kalangan warga nahdliyin juga akan dilakukan dengan mendatangkan Jusuf Kalla dan KH Maimoen Zubair dari Sarang, Rembang di Hotel Wyndham Surabaya, Sabtu (23/2) siang.

“Kehadiran mereka berdua itu untuk penguatan pemenangan pasangan 01 di Jatim supaya bisa menang tebal,”pungkas Machfud Arifin. KBID-DAY

Related posts

Bupati Bojonegoro Ucapkan Terimakasih dan Apresiasi Pada Pendamping Desa

RedaksiKBID

Loyalis Gus Dur Dukung Penerapan PPKM Darurat untuk Tekan Penyebaran Covid-19, Cak Dar: Disiplin Prokes dan Ikhtiar dengan Doa

RedaksiKBID

Maksimalkan Mal Pelayanan Publik, Ning Ita Berkomitmen Tingkatkan Pelayanan Masyarkat

RedaksiKBID