KampungBerita.id
Madrasah Surabaya Teranyar

Ada Indikasi Kecurangan UNBK SMP/MTs, Risma Konsultasi dengan Pihak Kepolisian

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini bersama Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan saat membicarakan dugaan kecurangan UNBK SMP/MTs.@HUMAS2018

KAMPUNGBERITA.ID – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini merespon cepat adanya indikasi kecurangan pada pelaksanaan Ujian Nasional Berbasi Kompetensi (UNBK) disalah satu SMP Negeri Surabaya. Ia sangat menyayangkan hal tersebut, sebab pelaksaaan UNBK SMP/MTs yang seharusnya dilaksanakan dengan kejujuran namun ditunggangi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan bahwa telah ditemukan adanya indikasi kejanggalan pada pelaksanaan UNBK di salah satu sekolah SMP Negeri Surabaya. Peserta ujian yang seharusnya melaksanakan pada sesi pertama (pagi), namun malah melakukan pada sesi ke tiga (sore).

“Mestinya anak-anak itu mengikuti ujian sesi satu, tapi malah dipindah ke sesi tiga. Dan kami temukan adanya kejanggalan,” kata Wali Kota Risma, saat menggelar jumpa pers di ruang kerja Balai Kota, Kamis (26/04), sore.
Adanya temuan ini, Wali Kota Risma menegaskan pertama kali ditemukan sendiri oleh pihak Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya yang saat itu sedang memantau jalannya proses UNBK SMP/MTs melalui Pos terpadu. Dirinya memastikan, yang jelas temuan ini merujuk pada indikasi kecurangan.

“Kita tidak bisa ngomong itu setingan dari awal. Dan yang menemukan pertama kali Dispendik Surabaya. Makanya kemudian kita konsultasikan ke pihak Kepolisian dulu,” terangnya.

Senada hal ini juga disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya Ikhsan pihaknya mengaku menemukan adanya kejanggalan pada pelaksanaan UNBK SMP/MTs disalah satu sekolah Negeri Surabaya.
“Kami temukan adanya kejanggalan UNBK. Sehingga kemudian kami coba datangi sekolah tersebut untuk mengamankan komputer dan handphone dari teknisi,” tuturnya.

Menurutnya, adanya kecurangan pada pelaksanaan UNBK tersebut, bukanlah sebuah kebocoran soal. Namun, ada indikasi akses illegal yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Dirinya juga belum bisa memastikan apakah soal ujian yang diakses secara illegal tersebut yang benar diujikan.

“Di sekolah tersebut, terdapat 30 an komputer. Tapi yang diakses oleh teknisi ada 5 komputer. Kemudian soal itu difoto oleh teknisi dan diinfokan oleh pihak ketiga dari luar,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolres Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan menambahkan adanya indikasi kecurangan soal tersebut saat ini masih dalam tahap konsultasi. Rencananya, malam ini akan dilakukan pelaporan oleh Dinas Pendidikan.

“Rencanannya akan kita kembangkan. Saat ini masih dalam tahap konsultasi dengan kita,” katanya. KBID-HUM

Related posts

Tahun Baru Islam, PDI-P Surabaya: Momentum Refleksi Diri, Perkuat Kerja ke Masyarakat

RedaksiKBID

Isak Tangis Keluarga Pecah saat Jenazah Caca Eks Trio Macan Tiba di Rumah Duka

RedaksiKBID

Diuga Dilempar dari Dalam Mobil, Bom Rakitan di Pintu Tol Sidoarjo Gagal Meledak

RedaksiKBID