KampungBerita.id
Kampung Raya Madrasah Surabaya Teranyar

Banyak Warga tak Tahu, Komisi D Minta Sosialisasi dan Komunikasi Program Beasiswa Pemuda Lebih Dimasifkan

Ketua Komisi D DPRD Kota Surabaya, Khusnul Khotimah.@KBID-2022.

KAMPUNGBERITA.ID-Proses pencairan beasiswa SMA/SMK dan sederajat bagi pelajar di Surabaya oleh Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, masih jauh dri harapan. Dari target 25.000 baru tercapai 13.000 pelajar.

Kepala Disbudporapar Kota Surabaya, Wiwiek Widayati mengakui tak bisa memenuhi target karena selama ini pihaknya masih menemui banyak kendala, utamanya pendataan pelajar.

Karena itu, tak heran jika proses pencairan beasiswa bagi pelajar SMA/SMK dan sederajat di Surabaya baru mencapai 13.000 dari target 25.000.

Dia mengatakan, kendalanya karena ada siswa yang mendapatkan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP). “Sehingga syarat tersebut gugur. Kemudian ada juga yang sudah lulus,”kata Wiwiek usai hearing di Komisi D, Selasa (20/12/2022).

Sementara beasiswa Pemuda Tangguh untuk mahasiswa, menurut dia seminggu lagi akan menuntaskan sekitar 264 beasiswa bidik misi. Target beasiswa tersebut 3.186, namun baru terserap 2.218 mahasiswa.

“Kekurangannya bisa kami buka pada tahun depan untuk gelombang berikutnya,” kata Wiwiek.

Dia menjelaskan, bila beasiswa tidak terserap tahun ini, maka akan dialokasikan tahun depan. Kendati begitu, dia menargetkan beasiswa SMA/ SMK dan sederajat tuntas paling lambat 26 Desember.

“Karena pasti ada pelajar baru. Kami juga tidak terus bergerak,” tandas dia.

Menyikapi ini, Ketua Komisi D DPRD Kota Surabaya, Khusnul Khotimah, meminta sosialisasi dan komunikasi Program Beasiswa Pemuda Tangguh dievaluasi. Sebab, masih banyak warga belum mengetahui informasi beasiswa tersebut.

Selain itu, lanjut Khusnul masih banyak penerima beasiswa yang memasukkan data dobel beasiswa. Sehingga sosialisasi syarat ini harus digalakkan.
“Tahun depan sosialisasinya harus dimasifkan,” tegas Khusnul.

Untuk beasiswa mahasiswa yang belum terserap 704 orang. Politisi PDI-P ini juga berharap tahun depan kekurangan itu bisa dimasukkan, terutama sebelum dibukanya pendaftaran perguruan tinggi. Sehingga pelajar yang ingin kuliah lebih bersemangat.

“Kami memberikan ruang agar disosialisasikan lebih awal,”tandas Khusnul.

Lebih jauh, dia menuturkan, rencananya tahun depan Program Beasiswa Pemuda Tangguh akan dihandle Bidang Pemerintahan, karena masuk dalam bantuan sosial (bansos).

Karena itu, dia meminta Pemkot Surabaya berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Jatim agar data beasiswa pelajar SMA/SMK atau yang sederajat bisa lebih detil lagi dalam memberikan informasi kepada siswa. “Ini agar tidak dobel dalam mendapatkan beasiswa, ” pungkas Khusnul. KBID-BE

Related posts

Apresiasi Peresmian Rumah Pemenangan, Arif Fathoni: Ini Bukti Mas Ferlix Siap Memenangkan Kompetisi Pileg 2024

Baud Efendi

Pilkada Serentak di Jatim Sudah 95 Persen Siap Dilaksanakan Pada 9 Desember

RedaksiKBID

Pangdam V/Brawijaya Launching Pembangunan Rutilahu dan Jambanisasi secara Serentak di Jatim

RedaksiKBID