KampungBerita.id
Matraman Teranyar

Beredar Kabar Praktik Begal di Tegalombo, Polres Pacitan: Hoax

Kasatreskrim Polres Pacitan, AKP Imam Buchori memberikan keterangan

KAMPUNGBERITA.ID – Jajaran Polres Pacitan membantah terkait beredarnya kabar adanya begal jalanan yang pernah beraksi di seputaran hutan pinus, Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, belum lama ini. Berita tersebut sempat mengemuka dari grup Facebook Obrolan Wong Pacitan (OWP) dengan akun atas nama Ndawir.
Kasatreskrim Polres Pacitan, AKP Imam Buchori, menegaskan kalau berita tersebut hoax adanya.

“Pernyataan di akun Facebook tersebut setelah diselidiki ulang ternyata hoax. Pada hari tersebut atau bahkan beberapa waktu ini, tidak ada satu pun kejadian pembegalan seperti yang dinyatakan dalam Facebook itu,” katanya, Rabu (6/6).

Satuan yang ia pimpin langsung bergerak cepat begitu membaca pemberitaan media adanya percobaan pembegalan di wilayah Mapolsek Tegalombo.

“Kami dapati laporan Facebook tersebut, langsung dilakukan olah TKP. Ternyata tidak ada kejadian sama sekali. Bahkan korban pun tidak ada. Kalaupun ada kejadian itu tahun 2005 silam, sehingga kabar di medsos itu jelas hoax,” jelasnya.

Karena itu, kasatreskrim mengimbau agar masyarakat, utamanya para pemudik tidak panik dan tidak terpancing adanya pemberitaan yang tidak jelas narasumbernya. Terlebih jika berita itu berasal dari medsos.

“Kami imbau jangan menyebarkan informasi yang membuat masyarakat resah. Selain itu, jangan pula sembarang membuat berita atau informasi yang tidak ada dasarnya. Itu bisa dipidanakan,” tegasnya.KBID-PCT

Related posts

Bibit Jagung Bantuan Kementan di Tuban Diduga Diperjualbelikan

RedaksiKBID

Polresta Sidoarjo Siapkan Posko Mudik dan Pelayanan Covid-19

RedaksiKBID

Avanza Tertabrak KA Sri Tanjung di Jombang, Sopir Selamat

RedaksiKBID