KampungBerita.id
Madrasah Surabaya Teranyar

Fraksi PKS Dorong Ada Perpustakaan dan Ruang Podcast di Gedung DPRD Surabaya

PKS Surabaya
Fatkur Rohman.@KBID2021

KAMPUNGBERITA.ID – Ketika membahas Perubahan Anggaran Keuangan APBD 2021, anggota Komisi A DPRD Kota Surabaya Fatkur Rohman mendorong perlunya menyediakan ruang perpustakaan di Gedung DPRD Surabaya.

Menurut dia, perpustakaan itu penting. Karena akan menunjang kinerja para wakil rakyat.
“Perpustakaan DPRD berfungsi sebagai layanan informasi dan bahan referensi dalam pengambilan keputusan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD,” ungkap dia, Rabu (29/9).

Dia mengatakan, penyediaan ruang perpustakaan di atur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan pada pasal 1 ayat 7 yang memuat mengenai Perpustakaan Khusus di lingkungan lembaga pemerintah.

“Perpustakaan yang dimaksud harus memiliki sarana dan prasarana yang memiliki aspek teknologi, ergonomik, konstruksi, lingkungan, efektivitas, efisiensi dan kecukupan,” terang Fatkur Rohman. Yang juga Wakil Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Surabaya ini.

Fatkur juga mengusulkan Badan Kepegawaian Daerah (BKD), agar betul-betul menguatkan program peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dari para aparatur sipil negara (ASN) di tingkat kecamatan dan kelurahan. Penguatan ini terutama terkait excellent service (pelayanan prima).

“Layanan yang bisa membangun engagement (interaksi dua arah yang baik) dan delightful (membahagiakan) adalah kebutuhan di era ini,” terang dia.

Fatkur menyebut pentingnya peningkatan layanan di kecamatan dan kelurahan ini mengingat hadirnya era digital dan kebutuhan layanan yang semakin transparan. Karena itu, pihaknya sangat menekankan diwujudkannya aplikasi-aplikasi layanan publik berbasis teknologi informasi yang user-friendly dan ada sistem feedback.

“Sehingga warga bisa mengetahui dengan cepat setiap proses layanan yang terkait dengan mereka. Layanan yang cepat dan pasti serta murah adalah bagian dari konsep excellent service,” tegas dia.

Untuk itu, lanjut dia, PKS mendorong adanya ruang podcast. Dia mengatakan, untuk penguatan tim dan program kehumasan serta support sarana dan prasarana DPRD di era digital dan media sosial yang semakin merebak, ruang podcast dinilai sangat perlu.

“Ruang podcast ini sebagai sarana alat kelengkapan dewan dan DPRD menyampaikan kinerja dan gagasan, patut dipertimbangkan,” pungkas dia. KBID-BE

Related posts

Paksa Masuk Ruang Sidang Paripurna, Warga Surat Ijo Cekcok dengan Pamdal

RedaksiKBID

PDI Perjuangan Buka Pendaftaran Cagub Jatim Bulan Juni

RedaksiKBID

Abaikan Protes Warga dan Veteran Perang, DPRD Surabaya Tetap Ubah Sebagian Nama Jalan Gunungsari

RedaksiKBID