KampungBerita.id
Headline Kampung Bisnis Surabaya Teranyar

Gudang Benih Wortel Impor dari Cina di Romokalisari Surabaya Digerebek

Wortel impor dari Cina diduga sudah banyak dipasarkan di sejumlah kota di Jawa Timur

KAMPUNGBERITA.ID – Pergundangan di Romokalisasi, Surabaya digrebek Mabes Polri dan Tim Gabungan pada Minggu (20/8). Penggerebekan dilakukan lantaran ada dugaan tindak pidana Karantina Tumbuhan dan tindak pidana importasi bibit benih wortel yang tidak sesuai dipersyaratkan dalam karantina.

Kabar tersebut merebak melalui pesan whatsaap cukup kencang lantaran wortel impor tersebut apabila dikonsumsi bisa memengaruhi mental anak.

Disebutkan, benih Wortel yang di datangkan dari Cina dan dibudidayakan di wilayah Jawa Tengah, pegunungan Dieng, dengan luas 3 hektar dengan massa panen 110 s/d 120 Hari. Benih – Benih Wortel Tersebut pernah di uji coba di Kabupaten Malang Batu Jawa Timur namun tidak berhasil.

Hasil Panen Wortel dibawa dari pegunungan Dieng Jawa Tengah ke Surabaya. Selanjutnya akan di pasar kan di Jawa Timur (Jatim) dengan harga impor yang lebih Mahal.

Menurut keterangan NG, selaku perantara dari Cina dan Indonesia mengatakan bahwa pembudidayaan tersebut menggandeng mitra petani lokal (Pegunungan Dieng). Dengan hasil panen pertama sebanyak 3,5 Ton. Buah Wortel tersebut dapat menyebabkan Mempengaruhi perkembangan Mental terutama terhadap anak.

NG sendiri saat diinterogasi dan disuruh mencoba untuk makan satu wortel tersebut dia tidak mau memakannya.

NG adalah orang asli kelahiran Tulungagung, Jatim, yang lama di Cina dan bertempat tinggal di Surabaya. Di Surabaya dia bekerja di bidang distributor buah impor karyawan kurang lebih 11 orang. Barang datang pada 17 Agustus 2017 pukul 17.30 dari Semarang. Barang yang ditemukan sebanyak 1 wingbox (108 keranjang) wortel.

Pada pukul 15.30 wib sampel barang bukti dibawa di Mabes Polri berupa 2 karung wortel, satu kotak bibit dan wortel. Berikut 1 pavking wortel yang siap diedarkan. Barang Bukti yang dibawa sebagai sampel dibawa dengan mengendarai mobil Toyota Innova untuk dibawa ke Bandara Juanda dan selanjutnya ke Bareskrim Mabes Polri.

Hingga berita ini diturunkan,belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian.|INYONG M

 

Related posts

Pertajam Kemampuan Petugas Lapas, Kemenkumham Jatim Gelar Pelatihan Elemen Inti Standar Pengamanan

RedaksiKBID

Kunjungi Pamersan Lukisan DKS, Puti: Membangun tidak Hanya Berupa Fisik

RedaksiKBID

Polresta Sidoarjo Gelar Vaksinasi Covid-19 Tahap Dua untuk 1.000 Orang

RedaksiKBID