KampungBerita.id
Politik & Pilkada Teranyar

Usai Panen Padi Bareng Petani Ponorogo, Puti Lanjut Berkunjung ke PD Aisyiyah

Puti saat memotong padi bersama petani Ponorogo sebagai tanda dimulainya musim panen

KAMPUNGBERITA.ID – Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno, terus bergerak di kawasan Mataraman. Setelah dari Pacitan, kandidat nomor 2 itu kampanye di Ponorogo.

Di kabupaten yang dijuluki Bumi Reog itu, Puti Guntur melakukan panen padi bersama petani, Rabu (4/4). Ia juga berkunjung ke Kantor PD Aisyiyah Ponorogo, silaturahim ke Kantor PKB, dan membekali calon-calon saksi dari PDIP.

Panen padi berlangsung di Desa Pondok, Kecamatan Babadan, yang diikuti ratusan petani. “Pertanian adalah soko guru perekonomian nasional. Dalam program kerja, Gus Ipul dan saya ingin meningkatkan perekonomian para petani,” kata Puti Guntur Soekarno.

Puti didampingi Bupati Ngawi Budi Sulistiyo, yang kemarin cuti. Juga Ketua DPC PDIP Ponorogo Agus Widodo dan pimpinan PKB, Gerindra dan PKS. Puti dan Kanang melakukan pemotongan padi, sebagai tanda dimulai panen.

Selesai itu, Puti dan warga memanjatkan doa syukur atas panen padi. Kemudian selamatan dan makan siang bersama di pinggir sawah. Mereka dihibur kesenian Reog Ponorogo.

Menurut Puti, upaya meningkatkan kesejahteraan petani dilakukan dengan pola-pola intensifikasi, yakni riset-riset varietas unggul padi, menekan monopoli pupuk dan pendirian koperasi-koperasi Gabungan Kelompok Tani.

Puti juga berkunjung ke Kantor PD Aisyiyah Ponorogo. Puti disambut Ketua Titi Listyorini, dan jajarannya. Dalam dialog, Titi menyampaikan, organisasinya fokus kepada pendidikan, sosial, dan kesehatan.

Namun tahun ini, katanya, Aisyiyah Ponorogo juga mulai fokus di sektor ekonomi melalui pemberdayaan perempuan. “Ibu-ibu Aisyiyah ini mulai berlatih membuat batik yang kita pasarkan sendiri,” kata Titi.

Puti merasa program itu sejalan dengan rencana kebijakan Gus Ipul dan dirinya, yakni Sentra UMKM dan Pemberdayaan Start Up. Program itu akan memberikan akses permodalan dan pengemasan.

“Kami juga akan memberikan pelatihan untuk packaging agar produk menjadi lebih menarik dan mudah dipasarkan,” kata Puti.KBID-NAK

Related posts

Perjelas Status Tanah warga, DPRD Surabaya segera Panggil BBWS

RedaksiKBID

Tak Remehkan Barito, Aji Santoso Ingin Hasil Maksimal

RedaksiKBID

Bacaleg Muda PKS Berharap Pendamping Anies dari Surabaya atau Jatim

RedaksiKBID