KampungBerita.id
Kampung Bisnis Kampung Raya Surabaya Teranyar

Jelang Ramadan, Komisi B Minta Pemkot Surabaya Tingkatkan Intensitas Operasi Pasar untuk Kendalikan Inflasi

Anggota Komisi B DPRD Kota Surabaya, John Thamrun.@KBID-2023.

KAMPUNGBERITA.ID-Menjelang Ramadan dan Idul Fitri biasanya harga-harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan. Ini tentu membuat masyarakat jadi was-was.

Guna mengantisipasi fenomena itu, anggota Komisi B DPRD Surabaya, John Thamrun meminta Pemkot Surabaya meningkatkan operasi pasar, sehingga harga tetap stabil dan bisa dijangkau masyarakat

“Pemkot Surabaya benar sudah melakukan operasi pasar untuk menekan inflasi karena harga bahan pokok naik. Tapi menjelang Ramadan intensitasnya perlu ditingkatkan lagi,” kata John Thamrun, Senin (13/3/2023).

Menurut politisi PDI-P ini, untuk menstabilkan harga bahan pokok tidak bisa dengan cara sporadis, tapi dibutuhkan intensitas berkelanjutan. Karena dengan gencarnya operasi pasar maka potensi menekan harga bahan pokok penting (Bapokting) bisa terwujud.

“Harus mengundang pedagang besar seperti distributor telur, beras, minyak goreng. Jadi operasi pasar harus diimbangi dengan satu perbuatan mengonsolidasikan harga jual antara pedagang besar dengan Bagian Perekonomian Kota Surabaya,” ungkap dia.

Di satu sisi, John Thamrun mewanti-wanti pemkot akan adanya oknum yang memainkan harga bahan pokok menjelang Ramadan.

“Kalau ditemukan adanya pemain harga maka harus dirangkul dan diajak komunikasi, sehingga tidak menimbulkan kerugian bagi pedagang yang ada di pasar,” tutur dia

Karena hal tersebut, kata John Thamrun, mampu memengaruhi kenaikan inflasi di Surabaya bila dibandingkan kota-kota lain di Jawa Timur.

Menurut dia, Komisi B pun sudah menerima laporan dari PD Pasar Surya terkait stok bahan pokok selama Ramadan hingga Lebaran di pasar yang diprediksi mencukupi.

“Yang perlu dilakukan adalah intensitas operasi pasar ditingkatkan lagi agar inflasi terkendali seiring stabilnya harga bahan-bahan pokok terutama menjelang Ramadan,”tandas dia.

Sementara Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Timur merilis angka inflasi Kota Surabaya pada Februari 2023 mencapai 6,63 persen akibat melonjaknya harga kebutuhan pokok di pasar-pasar. KBID-BE

Related posts

Cegah Penyebaran Corona, Pasar Gresik PPI Sementara Ditutup

RedaksiKBID

Musda IV DPD Partai Demokrat Jatim, Emil Dardak Diprediksi Menang secara Aklamasi

RedaksiKBID

Tak Diakui Suami, Seorang Ibu Buang Bayi di Pondok Mutiara Sidoarjo

RedaksiKBID