KampungBerita.id
Kampung Raya Teranyar

Kemenkumham Jatim Percepat Vaksianasi WBP di Surabaya Raya

KAMPUNGBERITA.ID – Kanwil Kemenkumham Jatim mendorong jajarannya mempercepat proses vaksinasi. Terutama di Lapas Surabaya di Porong. Sebagai salah satu lapas terbesar di Indonesia, hingga 6 Oktober 2021 masih ada sepertiga warga binaan yang belum divaksin sama sekali.

Untuk mempercepat proses vaksinasi, Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Krismono meminta kepada jajaran untuk segera berkoordinasi dengan stakeholder terkait. Seperti kepolisian maupun dinas kesehatan setempat. Namun, proses vaksinasi di UPT yang berlokasi di Sidoarjo memang cukup lambat. “Karena kami memiliki empat satker di daerah Sidoarjo,” ujar Krismono.

Keempat satker yang dimaksud adalah Lapas Surabaya, Lapas Sidoarjo, Rutan Surabaya dan Rutan Perempuan Surabaya. Semuanya sudah overkapasitas. Bahkan, tingkat overkapasitas di Rutan Surabaya (Medaeng), Lapas Surabaya (Porong) dan Lapas Sidoarjo sudah diatas 200%. Jikad ditotal, jumlah warga binaan di wilayah Sidoarjo mencapai 5.500 orang. Sehingga, lanjut Krismono, Dinas Kesehatan Pemkab Sidoarjo juga harus membagi vaksin dengan baik. “Komunikasi masih tetap kami jalin, kami berharap bisa segera terealisasi target vaksinasi 100% seperti di Lapas Sidoarjo Rabu (6/10) ” ujarnya.

Lapas Surabaya menggelar koordinasi dengan Polsek dan Puskesmas Porong. Tujuannya untuk memeprcepat proses vaksinasi bagi warga binaan. Dalam rapat koordinasi selain membahas evaluasi vaksin yang sudah di laksanakan juga disampaikan update data terakhir kondisi pelaksanaan vaksin covid-19. “Saat ini sekitar 720 WBP ada yang belum vaksin sama sekali, terkendala NIK, isolasi mandiri, dan tekanan darah tinggi,” ujar Dokter Lapas Surabaya Hardjo Santosa.

Meski begitu, pihak Dinkes yang diwakili petugas Puskesmas Porong Mufida memberikan solusi. Yaitu nama-nama yang tidak bisa di-entry atau tidak punya NIK tetap di masukkan ke excel supaya bisa dilaporkan dalam pelampirannya agar vaksin merata. KBID-TUR

Related posts

Latih Kepekaan PPS saat Pilgub, KPU Gelar Simulasi Pencoblosan

RedaksiKBID

R-APBD 2019, Proyeksi PAD Jatim Hanya Rp 16 Triliun

RedaksiKBID

Delapan Pegawai Puskesmas Porong Diamankan Tim Saber Pungli

RedaksiKBID