KampungBerita.id
Headline Kampung Raya

Khofifah Berharap Lemhanas Beri Rekomendasi untuk RPJMD Jatim

KAMPUNGBERITA.ID – Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa berharap ada masukan dari peserta Studi Strategi Dalam Negeri Program Pendidikan Reguler Angkatan (SSDN PPRA) angkatan 59 Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) untuk Pemprov Jawa Timur.

Dalam kunjungan studi selama lima hari di Jatim, ia berharap agar diberikan masukan untuk melengkapi RPJMD (Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Jatim.

“Yang hadir dari SSDN PPRA ke-59 Lemhanas ini dari Pamen (Perwira Menengah), Pati (Perwira Tinggi), pejabat tinggi pratama, dan pejabat BUMN. Komposisi ini manjadi strategis jika ikut memberikan masukan untuk RPJMD Jatim yang saat ini masih proses di DPRD Jatim,” ujar Khofifah, Senin (1/7).

Menurutnya, masukan dari Lemhanas tersebut mampu memperkaya RPJMD Jatim. “Ada ruang yang sekarang berproses di DPRD Jatim. Mumpung belum ketuk palu, sehingga masukan dan telaah strategis dari Lemhanas ini nantinya dapat memperkaya RPJMD Jatim,” harapnya.

Ia menjelaskan, Lemahnas memang punya tugas berikan policy recomendation (rekomendasi kebijakan) pada Presiden.

Dalam kunjungan selama lima hari di Jatim, peserta dari Lemhanas juga melakukan kunjungan ke BUMN strategis di Jawa Timur. Diharapkannya, master plan pengembangan BUMN strategis juga dapat dikembangkan di tempat lain di Jatim.

Selain itu, kata dia, ada hal strategis lain terkait link and match (jaringan dan kecocokan) SMK yang menjadi telaah.

“Bagaimana proses industri memberikan daya dukung lingkungan yang baik. Itu kan memang yang diharapkan industrialisasi jalan tapi daya dukung lingkungan juga baik,” tuturnya.

Dari 31 peserta SSDN PPRA itu, dua di antaranya merupakan perwakilan dari Malaysia dan Timor Leste.

“Ada hal terkait kecenderungan radikalisme di Jatim. Isu tersebut juga menjadi bahan dari perwakilan Malaysia dan Timor Leste termasuk soal politik identitas yang juga menjadi isu internasional. Ini sangat bagus untuk dapat menjadi masukan bagi Pemprov Jatim,” pungkasnya. KBID-NAK

Related posts

Lolos Seleksi Tertulis Berbasis Komputer, 478 Calon PPK Ikuti Tahapan Wawancara

RedaksiKBID

Cari Bibit Pecatur Handal, Percasi Surabaya Gelar Turnamen dari Kafe ke Kafe

RedaksiKBID

Kerap Molor, DPRD Gresik Minta Lelang Proyek Lebih Awal

RedaksiKBID