KampungBerita.id
Madrasah Teranyar

Listrik Padam, UNBK SMK Sunan Bejagung Tuban Tersendat

KAMPUNGBERITA.ID – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Sunan Bejagung, Desa Bejagung, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban mengalami hambatan dengan matinya listrik di wilayah tersebut, Selasa (3/4).

Sontak akibat kejadian tersebut membuat para siswa peserta ujian panik, karena khawatir akan jawabannya terhapus dan hilang dari komputer. Padamnya listrik tersebut juga membuat pelaksanaan UNBK molor dari jadwal seharusnya. Saat lancar UNBK dimulai pukul 07.30 wib hingga 09.30 wib, karena ada kendala molor sampai 10.30 wib.

Kepala TU SMK Sunan Bejagung, Muhammad Haris mengaku jika kejadian itu membuat pelaksanaan UNBK mengalami sedikit kendala. Apalagi sekolah tersebut pertama kalinya melaksanakan ujian berbasis komputer. Beruntung, pihak sekolah telah mengantisipasi dengan mempersiapkan perangkat genset untuk dipergunakan jika terjadi hal-hal yang tidak terduga, sehingga pelaksanaan UNBK dapat dilanjutkan.

“Jelas sangat mengganggu pelaksanaan UNBK dan Psikologis siswa itu sendiri, karena ini pengalaman pertama kita ikut UNBK. UNBK tertunda sekitar 45 menit, akhirnya pelaksanaan ujian dilanjut dengan menggunakan genset,”beber dia.

Hal tersebut disayangkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Cabang Tuban Edy Sukarno. Ia mengatakan, jika jauh sebelum pelaksanaan ujian, pihaknya telah melakukan kerjasama dengan PLN setempat untuk tidak dilakukan pemadaman listrik saat berlangsungnya UNBK.

“Ya benar tadi ada laporan dari salah satu sekolah SMK di Semanding yang mengalami sedikit kendala dengan adanya listrik padam, kita telah berkoordinasi dengan PLN setempat untuk segera mengatasi kendala teknis itu,”ujar Edy Sukarno.

Sementara itu, Menejer PLN Rayon Tuban Junaidi mengaku jika putusnya arus listrik tersebut bukan karena faktor kesengajaan. Pihaknya membenarkan telah menerima laporan dari salah satu sekolah yang mengeluhkan terjadinya mati listrik. Namun setelah dilakukan penelusuran oleh tim lapangan untuk segera menindaklanjuti penyebab terputusnya aliran listrik tersebut.

“Terjadinya listrik padam yang menimpa SMK Sunan Bejagung karena adanya sambungan jaringan listrik yang tertimpa ranting pohon, yakni di Desa bektiharjo akibat salah satu ranting pohon menimpa jaringan kabel sehingga mengalami pemadaman,”kata Junaidi.

Akibat kejadian tersebut, pelaksanaan UNBK di SMK Sunan Bejagung mengalami kendala selama sekitar satu jam.KBID-NDI

Related posts

Seorang Kakek Ditemukan Meninggal Perum Green Park Sidoarjo

RedaksiKBID

Dua Pengembang Lakukan Reklamasi Kenjeran, Dewan Minta Dihentikan

RedaksiKBID

20 Ribu Peserta di 427 Titik Ikuti Hypnotherapy Tangguh Semeru Polres Mojokerto

RedaksiKBID